Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Nias Sebagai Inspektur Upacara Pada HUT Otonomi Daerah Ke XXVII Tahun 2023

02 Mei 2023


 


ZONAMERDEKA.COM / Nias / -- Bupati Nias Ya’atulo Gulo bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Nias Desa Hilizoi, Kecamatan Gido. Sabtu, 29/04/2023


Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 dengan tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.


Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta upacara dan selanjutnya disusul dengan pembacaan Sejarah Otonomi Daerah oleh Petugas.


Dalam amanatnya Bupati Nias menerangkan bahwa Otonomi Daerah bertujuan untuk mendesentralisasikan kewenangan pemerintah pusat yang dibarengi dengan kualitas sumber daya di daerah masing-masing.


Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ini dimaknai sebagai momentum untuk merefleksikan diri sejauh mana Otonomi Daerah memberi pengaruh positif yang ditandai dengan percepatan pembangunan daerah, meningkatnya IPM, dan peningkatan pembangunan lainnya.


Namun belum semua daerah dapat merasakan dampak dari desentralisasi Otonomi Daerah tersebut, dimana masih terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD di bawah 20 persen dan masih bergantung pada pemerintah pusat dan juga dari dana desa.


Dengan adanya Otonomi Daerah, diharapkan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk terus melakukan terobosan-terobosan dan terus berinovasi dalam meningkatkan PAD tanpa melanggar hukum dan tidak membebani rakyat serta mampu memanfaatkan peluang yg ada.


Salah satu upaya pemulihan ekonomi nasional yaitu dengan menggunakan produk-produk dalam negeri, peningkatan sektor industri sehingga dapat membuka banyak lapangan kerja dan berkembangnya usaha sehingga hal ini dapat menopang ketahan ekonomi nasional.


Bupati menyampaikan bahwa pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Nias dihadapkan dengan penurunan stunting dengan menargetkan stunting anak turun menjadi 17 persen secara nasional. Perlu diingat bahwa stunting bisa dipicu dari keadaan Ibu dan Anak hingga faktor eksternal lainnya, termasuk pola asuh dan lingkungan.


Faktor spesifik lainnya, berkaitan dengan kesehatan seperti kurang gizi dan anemia. “Oleh karena itu,  koordinasi dan sinergitas para stakeholder harus ditingkatkan di Kabupaten Nias. Mari bersama-sama bergandengan tangan untuk mewujudkan pembangunan di Kabupaten Nias yang kita cintai ini. Kualitas Sumber Daya Manusia adalah kunci utama, terutama para ASN harus memiliki integritas, profesional, serta berkompeten, “ucap Bupati mengakhiri.


Pada upacara tersebut tampak seluruh peserta menggunakan seragam KORPRI.


Pada acara tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas/Pejabat Fungsional yang disetarakan dan Pelaksana (Staf) pada masing-masing Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias


Des Zeb





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close