Notification

×

Iklan

Iklan

10 Wisata Kolam Renang di Cirebon, Ada Air Hangatnya, Wajib Dicoba

03 Maret 2024


 


Sahabat zona, saat ini kita akan sedikit memberikan informasi terkait wisata kolam renang yang ada di Cirebon. Dari informasi yang ada, team zonamerdeka berhasil mengumpulkan 10 destinasi kolam renang yang patut untuk dicoba. 


Sebelum itu, kita akan memberikan sedikit informasi tentang kota Cirebon. Cirebon, yang terletak di pesisir utara Jawa Barat, adalah kota bersejarah yang memiliki banyak tradisi. Didirikan pada abad ke-15, Cirebon berkembang menjadi pusat perdagangan dan pelabuhan penting selama pemerintahan Kesultanan Cirebon. Tempat-tempat budaya seperti Gua Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan masih menampilkan sisa-sisa sejarah.



Keanekaragaman Budaya, Cirebon memiliki budaya yang unik yang merupakan perpaduan dari budaya Sunda, Jawa, dan Islam, yang terlihat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti seni, bahasa, kuliner, dan tradisi. "Sedekah Laut", sebuah upacara untuk berterima kasih atas hasil laut dan tolak bala, adalah salah satu tradisi yang terkenal.


Selain itu, Cirebon dikenal dengan beberapa makanan khas yang bisa anda Coba. Makanan khas Cirebon termasuk empal gentong, nasi jamblang, docang, tahu gejrot, dan udang rebus. Kuliner Cirebon disukai banyak orang karena cita rasanya yang kaya dan kombinasi bumbunya yang unik.



Meskipun Cirebon adalah kota kecil di Provinsi Jawa Barat, itu memiliki banyak tempat wisata. Kota ini terkenal dengan terasi udangnya yang lezat. Jika Anda ingin berziarah ke makam orang tua, Makam Sunan Gunung Jati adalah tempat yang harus Anda kunjungi. 


Saat ini kita akan memberikan destinasi yang cocok untuk bermain air. Di Cirebon memiliki banyak tempat wisata air yang bagus dan layak untuk dikunjungi.


1. Waterland Cirebon 

Waterland Cirebon Ade Irma Suryani terletak di Lemahwunguk, dekat dengan pantai. Anda dapat bermain sambil menikmati pemandangan pantai yang indah jika Anda berkunjung ke tempat ini.


Ada kolam renang Olympic, waterboom, kolam arus, dan perahu bebek.

Ada empat puluh cottage mengapung di atas air laut yang menawarkan harga mulai dari Rp. 1 juta hingga Rp. 2,5 juta per malam, dan semuanya memiliki café dan restoran untuk menikmati makanan lezat.

Waterland Cirebonberada di Jl. Yos Sudarso No.1 Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. HTM: Rp 50.000/orang. Buka/Tutup: Jam 09-00 WIB hingga 19:00 WIB. 


 

2. Pemandian Cibulan 

Tempat pemandian ini memiliki tujuh sumur yang dikeramatkan yang menghasilkan tujuh sumber air yang berbeda, yang membuatnya unik.


Cisadane, Cirancana, Keselamatan, Kemudahan, Kemulyaan, Pengabulan, dan Kejayaan adalah tujuh sumur.

Selain itu, ada dua kolam besar. Yang pertama berukuran 42 x 12 meter dan memiliki kedalaman 120 cm, dan yang kedua berukuran 32 x 15 meter dan memiliki kedalaman 2 meter.

Uniknya, ada ikan jinak berwarna keabuan di kedua kolam ini, yang disebut Kancra Bodas, dan dianggap sebagai ikan sakral yang tidak boleh diambil oleh siapa pun. Ikan ini panjangnya antara 20 cm dan 1 meter.

Pemandian Cibulan berada di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan. HTM adalah Rp 12.000/anak dan Rp 15.000/dewasa. Buka dan Tutup dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

 

3. Banyu Panas 

Pemandian air panas di tempat ini tidak sedingin dan segar seperti Pemandian Air Cibulan.

Pemandian ini berada di pusat kota Cirebon. Meskipun berada di pusat kota, tempat ini tetap sangat asri dengan pepohonan rindang di sekitar kolam.

Banyu Panas berada di Jl. Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat, Kecamatan Palimanan. Tarif per orang adalah Rp. 7000. Buka/Tutup: 08:00–18:00 WIB

 

4. Apita Waterboom 

Tempat ini terletak di area 10.000 meter persegi dan menawarkan dua waterboom untuk dewasa setinggi 15 meter dan dua waterboom berukuran lebih rendah untuk anak-anak.

Dilengkapi sebagai tempat rekreasi air, terdapat berbagai wahana seperti kolam arus untuk dewasa, kolam prestasi berukuran 200 meter persegi, dan kolam hujan dengan empat pilar dan air menyembur setinggi 50 cm.

Apita Waterboom beralamat: Jl. Tuparev, Kecamatan Kedawung, Kota Cirebon HTM: Rp 10.000/orang Buka/Tutup: 08:00-17:00 WIB

 

5. Waterpark Jempol 

Jempol Waterpark, yang memiliki beberapa kolam renang dengan berbagai ketinggian, terletak di pusat Kota.

Terdapat wahana tambahan seperti waterpark biasa, termasuk istana air dengan ember tumpah, perosotan dengan berbagai ketinggian, dan air mancur. Di kawasan ini juga ada foodcourt untuk mereka yang lelah dan ingin menikmati makanan.

Waterpark Jempol ini mempunya lokasi di Desa Ciledug Kulon, Kecamatan Ciledug HTM: Rp 25.000/orang Buka/Tutup: 08:00-17:00 WIB

 

6. Wisata Siwalk 

Taman Wisata Siwalk, seluas 175 hektar, merupakan salah satu daya tarik Cirebon. Terdiri dari waterboom dan wahana outbond, tempat ini terbagi menjadi dua bagian.

Selain itu, pemandangannya luar biasa karena dikelilingi oleh persawahan dan pepohonan. Bagi mereka yang tidak ingin berenang, ada pilihan lain seperti pemancingan, area petualangan, lapangan golf, flying fox, dan ATV.

Siwalk Berlokasi di Desa Satupatok, Kecamatan Mundu dan memiliki harga HTM sebesar Rp 3000 per orang. Buka/Tutup dari pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. 

 

7. Tirtamas Gemilang 

Waterpark Arjawinangun ini baru, tetapi memiliki banyak fasilitas jika dibandingkan dengan harga tiketnya yang murah.

Untuk membeli tiket di waterpark ini, orang menggunakan kartu identitas mereka di pintu otomatis daripada karcis.

Selain itu, ada waterboom dengan berbagai ketinggian, kolam anak, kolam semi Olympic, ember tumpah, dan fasilitas pendukung seperti kafe, mushola, tempat ganti baju, dan toilet.

Tirtamas Gemilang terletak di Jl. Raya Pantura Cirebon, Kebonturi, Arjawinangun, Cirebon. HTM setiap hari adalah Rp 10.000/orang, dan setiap weekend Rp 15.000/orang. 

 

8. Catherine Surya 

Kolam renang ini berada di Komplek Stadion Bima di Cirebon, dan akan menjadi tempat acara bergengsi di Indonesia.

Ketika diputuskan untuk menjadi lokasi pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 pada cabang olahraga selam air, kolam renang ini harus di renovasi.

Setelah perbaikan, kolam ini hanya digunakan untuk latihan rutin atlet renang Kota Cirebon dan tidak lagi digunakan untuk tujuan komersial.

Catherine Surya ini berlokasi di Jl. Bima, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Tarif per orang adalah Rp 20.000. Buka/Tutup: 18:00 WIB

 

9. Kota Grage 

Kolam renang ini berada di kawasan belanja Grage City Mall (GCM), dan harganya cukup murah.

Tempat ini memiliki banyak fasilitas, termasuk kolam wahana dan kolam Olympic berukuran 25 x 12,5 meter. Selain itu, untuk memastikan bahwa pengunjung tetap terlibat dalam aktivitas, ada penjaga keselamatan terlatih yang tersedia.

Salah satu aktivitas tahunan di tempat ini adalah mengadakan kompetisi berenang di berbagai tempat, seperti Grage Sangkan di Kuningan, Grage Majalengka, dan juga di Grage City Swimmingpool.

Kota Grade berada di Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon. HTM adalah Rp 25.000/orang dan sewa pelampung adalah 10.000/unit. Buka/Tutup: 10:00 WIB 

 

10. Waterpark Ciperna 

Wisata air yang bernama Waterpark Ciperna ini berada di selatan Kota Cirebon. Terminal Harjamukti hanya berjarak 15 menit.

Waterpark ini memiliki wahana yang cukup lengkap untuk harga yang relatif murah. Ini termasuk flying fox, trampoline, papan panjat, mandi bola, bebek gowes, motor mini, mobil gowes, dan mini train.

Selain itu, ada panggung hiburan dan kebun binatang mini dengan koleksi hewannya.

Selain itu, ada danau yang luas dan lapangan di tengah tempat wisata, di mana pengunjung dapat bersantai setelah menikmati wahana yang tersedia.

Waterpark Ciperna ini berlokasi di Perumahan Taman, Jalan Sudirman, Ciperna, Talun, Cirebon. HTM: Rp 10.000/orang Buka/Tutup: 08:00-17:00 WIB 

 

Demikian sepuluh pilihan kolam renang yang berbeda di Cirebon, Anda tidak perlu bingung mencari tempat untuk menyegarkan diri dan bersenang-senang bersama keluarga. 


Untuk memaksimalkan pengalaman berenang Anda di Kota Udang ini, pastikan untuk membawa peralatan renang Anda, termasuk baju renang, handuk, dan topi. (*)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close