Notification

×

Iklan

Iklan

Polsek Ukui Siap Hadapi Karhutlah, Personil Cek dan Pastikan Embung Layak di Gunakan

24 Mei 2023


 


RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Dalam rangka kesiapan menghadapi karhutla jajaran Polsek Ukui, Polres Pelalawan cek pasokan atau cadangan air di desa kecamatan ukui yang memiliki embung sebagai pendukung bila terjadinya kebakaran.


Kepala Kepolisian Sektor Ukui AKP Markus T. Sinaga, SH.MH membenarkan perihal personilnya cek kelapangan guna memastikan kondisi embung / cadangan air yang tersedia, Rabu 24 Mei 2023.


“Beberapa hari ini cuaca dikecamatan ukui saat ini memasuki musim panas dikarenakan belum ada turun hujan hingga seminggu ini, beberapa titik panas juga sudah mulai terpantau satelit di kabupaten pelalawan.


Dengan sudah terpantaunya titik apa di beberapa daerah kabupaten pelalawan, kapolsek telah menyiagakan anggotanya untuk sewaktu-waktu bergeser membackup tim dilapangan, selain itu pengecekan peralatan karhutla dan cadangan air pada embung tiap desa dikecamatan ukui juga turut dilaksanakan


"secara berjenjang sudah kami datakan embung yang ada pada desa dikecamatan ukui, khususnya pada desa rawan karhutla seperti desa air hitam, bagan limau dan lubuk kembang bunga". 


Dari pantauan kapolsek, ketersedian air pada embung di tiap desa rawan karhutla kondisinya memprihatinkan karena sudah ada yaang semak belukar, namun untuk pasokan airnya masih memadai.


"kami sudah koordinasikan dengan perangkat desa untuk bergotong royong membersihkan embung agar nantinya saat terjadi kebakaran bisa dijadikan pasokan air untuk memadamkan baik melalui waterbombing maupun dilangsir menggunakan mobil tanki".


selain melakukan pengecekan embung, kapolsek turut menekankan sosialisasi kepada kepala desa agar dapat mengedukasi masyarakatnya terkait larangan membakar hutan atau lahan.


“Hal ini agar masyarakat mengetahui bahwa membuka lahan dengan cara membakar, adalah hal yang salah dan melanggar hukum, dan dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain, termasuk perbuatan pidana.” terangnya.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close