Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Diskan Kabupaten Sukabumi Dukung Forum Group Discussion Smart Fishermen Villages/Kampung Nelayan

20 Februari 2023


 




Kabupaten Sukabumi, zonamerdeka.com - Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka Penerapan Smart Fishermen Villages/Kampung Nelayan Pintar di Desa Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu dan Girimukti, Kecamatan Ciemas.


Acara yang dihadiri oleh tim dosen dari fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan yang diwakili oleh Dr. Hendro Sasongko dan Dion Achmad Armadi, SE. MSi., Universiti Malaysia Terengganu yang diwakili, Dr. Ir. Yuari Farradia dan Dr. Alfian Zein dilaksanakan di Aula Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi. Senin, (20/02/2023).


Turut dihadiri juga oleh Sekretaris Dinas Perikanan, Kepala Bidang Pengelolaan Perikanan Tangkap,  unsur Bappelitbangda,  Dinas Lingkungan Hidup, Diskominfo, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pariwisata, Camat Palabuhanratu, Kepala Desa Cipatuguran, Kepala Desa Girimukti, perwakilan HNSI DPC Kabupaten Sukabumi, perwakilan TP, dan perwakilan komunitas nelayan.


Dalam Kegiatan FGD Kampung Nelayan Pintar kali ini Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati, S.Sos,KP.,M.Si menyambut antusias Universitas Pakuan yang bekerjasama dengan Universiti Malaysia.


Penelitian Kajian Program Kampung Nelayan Pintar didasari oleh penerapan program Smart City yang masih berfokus ke pengembangan wilayah kota, sehingga penelitian ini dilaksanakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pengembangan di luar wilayah perkotaan, terutama di daerah nelayan.


Adapun tujuan dari penelitian ini berupa pengembangan indikator yang dapat dikembangkan untuk mengembangkan wilayah desa, mengukur indikator pencapaian Sustainable Development Goal, menentukan bentuk Kampung Nelayan Cerdas berdasarkan indikator dari program serupa yang sudah berjalan di wilayah/negara lain, dan meningkatkan kebijakan program Kampung Nelayan Cerdas.


Melalui acara ini Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mengharapkan agar program Kampung Nelayan Pintar dapat meningkatkan efisiensi SDM dan SDA perikanan di Kabupaten Sukabumi, serta menjadi tolok ukur dalam membangun ranah perikanan yang lebih cerdas, "Ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunung Nurhayati kepada zonamerdeka.com


Selain itu, FGD dilaksanakan dengan harapan bisa menjadi dasar pengambilan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan nelayan, terutama di wilayah desa Cipatuguran Kecamatan Palabuhanratu dan desa Girimukti Kecamatan Ciemas, "tandasnya.


Sementara itu, ada 7 (tujuh) Indikator Kampung Nelayan Pintar, yaitu Smart Digital Infrastructure (Infrastruktur Digital Pintar), Smart Economy (Ekonomi Pintar), Smart Governance (Tata Kelola Pintar), Smart Environment (Lingkungan Pintar), Smart Living (Hunian Hidup Pintar), Smart Mobility (Mobilitas Pintar) dan Smart People (Penduduk Pintar).


Berdasarkan survey yang dilakukan di wilayah Cipatuguran dan Girimukti kepada responden nelayan dan non-nelayan, masih ada ruang dan peluang untuk mengembangkan kebijakan Kampung Nelayan Pintar lebih jauh lagi, "tutupnya. ***(Lison).





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close