Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Memudahkan Penanggulangan Bencana, BPBD Bangka Memetakan Titik Rawan Banjir

31 Januari 2023


 


Bangka, zonamerdeka.com - Pemetaan daerah rawan banjir, guna mempermudah akses penanggulangan dan penanganannya. Itu mengacu peringatan  cuaca ekstrem yang melanda di Kabupaten Bangka, yang diterbitkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang. Hal itu Diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Ridwan, Selasa (31/01/2023) di ruang kerjanya.


Dijelaskan Ridwan bahwa hujan merata dengan  intensitas deras dari hari Senin 30 Januari sampai Selasa 31 Januari 2023 di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka,  dikatagorikan  waspada dan siaga.  Untuk itu kita  memaksimalkan pengawasan di lapangan dengan menyiagakan personel unit reaksi cepat (URC), 

 "Sebab  hujan yang  cukup deras, mengakibatkan beberapa  ruas jalan utama dan tempat tinggal  penduduk digenangi  air, walaupun air cepat surut," tuturnya. 


Ridwan menambahkan, data laporan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Bangka, kemarin terjadi luapan air hujan yang menggenangi sejumlah rumah penduduk. Seperti  jalan raya di Desa Air Ruay kecamatan Pemali, dan jalan depan kantor Bupati Bangka, serta di lingkungan Kampung Jawa Sungailiat. Dikatakan Ridwan, bahwa selain mendata titik-titik genangan air di jalan utama dan rumah-rumah warga yang digenangi air, tim URC  juga membantu mengatur lalulintas.


" Jadi tim URC juga berjaga-jaga dijalan yang digenangi air, membantu pengendara agar  lancar dijalan. Tim URC juga membersihkan saluran air agar lancar mengalir, dan air tidak menggenangi jalan," jelas Ridwan sembari mengingatkan agar masyarakat tetap waspada. (eru).


foto: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Ridwan.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close