Notification

×

Iklan

Iklan

Keunggulan SDM Pertanian di Sawahlunto Dibuktikan Dengan Prestasi Tingkat Provinsi

31 Januari 2023


 


Sawahlunto.zonamerdeka.comPenyuluh Pertanian di Sawahlunto kembali meraih prestasi tingkat Provinsi, kali ini pada Lomba Penyuluh Sarana dan Prasarana Pertanian Tingkat Sumbar Tahun 2022.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto Henni Purwaningsih, pada Senin 30 Januari 2023 menyebut Sawahlunto memperoleh prestasi di dua kategori yaitu ketenagaan penyuluh pertanian dan kelembagaan penyuluh pertanian.



"Untuk kategori ketenagaan penyuluh pertanian, berhasil mendapat Juara II Penyuluh Pertanian PNS Teladan yakni atas nama Welly Putri Syahri (penyuluh di Desa Sikalang dan Desa Rantih). Kemudian Juara III Penyuluh Pertanian Swadaya Teladan, atas nama Anasril (penyuluh swadaya di Desa Lumindai)," ujar Henni merinci.


Dilanjutkan Henny, untuk kategori kelembagaan penyuluh pertanian sukses mendapat Juara II Gabungan Kelompok Tani Berprestasi yaitu Gapoktan Guguak Kumbayau (Desa Kumbayau). 


"Selain penyuluh pertanian, pada bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) itu juga memperoleh prestasi sebagai Juara II Petugas Medik Veteriner Berprestasi. Yakni diraih oleh petugas kita atas nama drh. Meta Levi Kurnia dari UPTD Puskeswan," ujar Henni merinci.


Kemudian juga meraih prestasi tingkat Provinsi untuk bidang ketahanan pangan.


"Yaitu Juara II Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pembina Ketahanan Pangan, atas nama Rice (Kepala Desa Kubang Tangah). Setelah itu Juara III Adhikarya Pangan Nusantara Kategori Pelaku Ketahanan Pangan, diraih Kelompok Wanita Tani (KWT) Durian Bolieng Desa Pasar Kubang," ujar Henni merinci.


Penyerahan penghargaan atas prestasi tersebut diberikan langsung oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, dalam apel pagi DKP3, Senin pagi 30 Januari 2023. 


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para juara tersebut atas kontribusi dan prestasi yang telah dilakukan.


"Prestasi ini menunjukkan apa yang dikerjakan itu benar dan baik, malah sangat baik sehingga ketika dinilai Provinsi dianggap bagus dan layak mendapat prestasi sebagai juara. Sekali lagi kita menyampaikan selamat dan terima kasih," kata Wali Kota Deri Asta.


Disampaikan Wali Kota Deri, Pemko Sawahlunto terus berpihak dan memberikan perhatian khusus pada sektor  pertanian, sebab berpengaruh besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Selain karena memang banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani, juga karena sektor pertanian terbukti memiliki daya tahan yang bagus dalam berbagai situasi contohnya saja di masa pandemi kemaren ternyata pertanian tidak begitu terdampak," kata Wali Kota Deri.


Wali Kota kemudian mengungkap bahwa sektor pertanian dalam Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Sawahlunto telah berkontribusi sampai sekitar sembilan persen.(YANTO/Faiz)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close