Notification

×

Iklan

Iklan

DPD SWI Jember Tegaskan Netralitas Jelang Pilkada Jember 2024

28 April 2024


 


Jember, zonamerdeka.com -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kabupaten Jember tegaskan netralitas jlang Pilkada Jember 2024. Hal ini diungkapkan oleh Ketua SWI Jember Suyono HS saat acara Halal Bi Halal SWi di Dira Park Balung. Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas terkait pelaksanaan program kerja yang telah ditetapkan melalui Rakerda Tahun 2023. 


Sekitar 30 anggota DPD SWI Jember, menghadiri kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2024, di Resto Cafe DIRA Park Balung, Jember.
Ketua DPD SWI Jember, Suyono HS., Wakil Ketua Wakik, SH., Sekretaris SA Ghanie, dan Wakil Sekretaris Joni Darmawan hadir dalam acara Halal Bi Halal ini.

 
Selain anggota pengurus, Lana Rumanta dari Divisi Humas dan Antar Lembaga, Divisi OKK Salman Alfarisi dan Irfak Safii, Divisi Diklat dan Pengembangan SDM, Aryudi AR. dan A. Syaifuddin, Divisi Budaya dan Pariwisata, Agus Sugiyanto, Divisi Sosial dan Ekonomi, Mujianto, dan anggota pengurus lainnya.


Suyono, Ketua DPD SWI, menjelaskan perkembangan organisasi SWI dan rencana implementasi program kerja untuk tahun 2024.


SWI secara nasional saat ini menunggu hasil Verifikasi Faktual dan akan menjadi konstituen Dewan Pers. “Karena itu, sesuai petunjuk dan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) SWI, dimohon pengurus DPW dan DPD SWI, untuk menyelenggarakan kegiatan yang mendukung eksistensi keberadaan SWI di daerah,” katanya.
Suyono HS, ketua SWI Jember, berterima kasih kepada semua pengurus dan anggota yang mampu berkolaborasi untuk menyelesaikan berbagai kegiatan yang sudah diprogramkan.



Suyono menyatakan bahwa SWI Jember akan meningkatkan kemampuan wartawan, terutama anggota, melalui program pelatihan. Visi-Misi pendirian SWI sesuai AD/ART adalah mendorong anggotanya menjadi wartawan yang profesional dan sejahtera.


Suyono menyatakan bahwa wartawan di Jember sudah tahu keberadaan SWI di sana. Terbukti bahwa banyak wartawan yang belum pernah bergabung dengan SWI bersedia menjadi anggota.
Suyono menyatakan bahwa DPD SWI Jember masih menunggu arahan lebih lanjut dari DPP SWI terkait sertifikasi kompetensi wartawan. Ini karena upaya peningkatan kompetensi wartawan adalah salah satu program yang telah diputuskan DPP SWI pada Rakernas I di Bogor pada tahun 2022.



Selain itu, Ketua SWI Jember mengimbau seluruh anggotanya untuk tetap netral menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan diadakan pada November 2024 mendatang.
DPD SWI Kabupaten Jember merencanakan untuk mengadakan diskusi publik dengan mengundang seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati untuk menyampaikan visi, misi, dan program mereka selama beberapa bulan mendatang.



Teman-teman wartawan bebas mendukung kandidat bupati tertentu secara pribadi. Namun, secara kelembagaan, organisasi SWI harus netral dan tidak berpihak kepada calon mana pun. Dia menekankan bahwa dalam pemberitaan, mereka harus mempertahankan independensi dan keseimbangan sesuai dengan kode etik dan undang-undang. (ton)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close