Notification

×

Iklan

Iklan

Kapolres Aceh Singkil Hadiri Penerbangan Perdana Pesawat Susi Air di Bandar Udara Syekh Hamzah Fansyuri

22 Maret 2024


 



ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Setelah lama vakum akhirnya penerbangan perdana pesawat bandar udara Syekh Hamzah Fansyuri di Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil kembali diaktifkan, Pada hari Kamis, 21 Maret 2024


Kemudian, adapun rute perdana yang dibuka kembali, yakni Medan Sumatra Utara - Aceh Singkil dan Singkil - Medan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten  Aceh Singkil.


Kedatangan perdana pesawat capung, Susi Air itu disambut langsung oleh Forkopimda Kabupaten Aceh Singkil dengan tradisi adat Peusijuek.


Dimana peusijeuk itu sendiri merupakan sebuah prosesi adat budaya Aceh Singkil yang masih hingga kini terus dilestarikan hingga saat ini.


Tradisi peusijuek ini dilakukan disemua kegiatan adat dalam kehidupan masyarakat di Aceh, misalnya ketika saat memulai atau membuka sebuah usaha.


Penyelesain persengketaan, menempati rumah baru, merayakan kelulusan, dan bahkan dijadikan sebuah tradisi, ketika saat memberangkatkan dan untuk menyambut kedatangan orang berpergian.


Kembalinya keluarga dari perantauan dan masih banyak lagi, kegiatan Peusijeuk yang dilakukan di bandar udara Syekh Hamzah Fansyuri dilakukan dengan pembukaan penerbangan atau keberangkatan perdana, serta pengaktifan kembali bandar udara Syekh Hamzah Fansyuri.


Dalam keterangannya, Kapolres Aceh Singkil  AKBP. Suprihatiyanto juga menyampaikan, bahwa begitu pentingnya penerbangan pesawat perdana, hal ini dalam mendukung konektivitas untuk pembangunan di wilayah Kabupaten Aceh Singkil. 


Kapolres Singkil juga mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh pihak terkait dalam memulihkan operasional di bandar udara Syekh Hamzah Fansyuri setelah 6 tahun berhenti beroperasi lamanya.


Ia juga berharap dengan aktifnya kembali bandara udara ini, sehingga Kabupaten Aceh Singkil dapat merasakan dampak positif bagi perekonomian dan pariwisata di daerah ini.


Dimana Kabupaten Aceh Singkil Merupakan salah satu tempat destinasi wisata paling bagus di Aceh, dengan ke indahan alam, Pantai, Pulau- Pulaunya dan wisata religi di bumi Syekh Abdurrauf As-Singkily ini,” ujar Kapolres Aceh Singkil.


Kapolres Aceh Singkil juga menegaskan siap untuk mendukung pembangunan Kabupaten Aceh Singkil, dalam hal memberi dukungan penuh terhadap jaminan keamanan di bandara tersebut.


Sehingga masyarakat dapat melaksanakan penerbangan kedua dan seterusnya dan dari Kabupaten Aceh Singkil bisa mendapat rasa aman dan nyaman," Terang, Kapolres.


Diketahui, maskapai yang telah beroperasi di bandar udara Syekh Hamzah Fansyuri adalah merupakan maskapai milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.


"Ibu Dr. Susi Pudjiastuti dengan maskapai susi air rute perintis Sinabang dengan tujuan Singkil - Medan dan Medan - Singkil."tutup. (Sakdam Husen)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close