Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Masyarakat, TNI dan Polsek Ukui Garda Terdepan Cegah Karhutlah

21 Mei 2023




RIAU,  ZONAMERDEKA.COM - Polres Pelalawan beserta jajaran terus proaktif melakukan upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Semua personil Polsek bergerak melakukan upaya pre-emtif maupun pre-ventiv.


“Upaya pencegahan Karhutla masuk dalam giat rutin kita melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat agar memahami larangan melakukan pembakaran hutan dan lahan,” ujar Kapolsek Ukui AKP Markus T. Sinaga, S.H.,M.H Minggu (21/05/2023).


Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, kegiatan pencegahan karhutla tidak hanya dengan patroli, sosialisasi, spanduk atau himbauan di tempat maupun lokasi yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Namun kita juga lakukan giat preentive dengan turun langsung mengambil tindakan berupa pencegahan bila terjadinya kebakaran yakni dengan bekerjasama dengan masyarakat melakukan pemadaman secara bersama-sama.


Sejauh ini polsek ukui terus melakukan kegiatan giat Pre-emtif dengan lebih menekankan melakukan sosialisasi pemahanan hukum secara rutin terkait karhutla kepada masyarakat, dan melakukan giat Pre-ventif melakukan pencegahan langsung kelapangan dengan melakukan pemadaman bilamana terjadinya kebakaran dengan dibantu oleh masyarakat sekitar dan instansi terkait.


Menurut Kapolsek, pencegahan Karhutla memerlukan dukungan masyarakat untuk bergandeng tangan bersama, dengan demikian, wilayah kecamatan ukui dapat terhindar atau paling tidak meminimalisir kejadian karhutla yang setiap tahunya selalu ada.


“Polri bersama masyarakat harus bersinergi agar dapat meminimalisir bahkan menihilkan kejadian Karhutla,” tuturnya


Sampai dengan saat ini jumlah hotspot (titik panas) di kecamatan ukui belum terpantau malalui patroli darat maupun udara (nihil) tentunya situasi ini harus dijaga, mengingat cuaca panas ekstrim dapat menjadi faktor pendukung terjadinya karhutla yang disebabkan oleh tangan oknum manusia pemicu kebakaran.


"kita sudah siapkan regu stand by karhutla untuk penanganan pertama bila terjadinya kebakaran, tim tesebut selalu siaga dan akan bergerakn jika kebakaran terjadi dikecamatan ukui". tutup kapolsek





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close