Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Umar bin Khattab Viral, Simak Perjalanan Hijrahnya

25 April 2023


 


Zonamerdeka.com - Trending Twitter salah satunya pembahasan tentang Umar bin Khatab yang dulunya suka membunuh menjadi sahabat Nabi dan juga Khalifah.


Cuitan Umar ini rame setelah @tanyakanrl tentang pernyataan mantannya yang ingin balik dengan menyebut Umar yang bisa berubah, tidak ada yang tidak mungkin selagi ada niat dan ingin berubah.


Berikut beberapa respon yang menanggapi cuitan @tanyakanrl tersebut : 


" Mantanmu itu salah satu umat yg dirindukan Umar bin Khattab untuk ditebas," balas @miftahfadlann.


"Manipulatif, goblok jg dia bandingin diri dia dengan Syaidina Umar bin Khatab. Giliran gini bawa bawa agama pas selingkuh dan pacaran gimana yh?," kata @cbroflle.


Sebenarnya bagaimana sosok Umar bin Khatab, simak kisahnya ya : 


Umar bin Khatab dahulu merupakan sosok yang tegas, ketika sekali marah langsung tebas.


Akan tetapi, setelah Umar masuk Islam, menjadi berubah 180%, menjadi lembut dan tenang, kecuali marah yang diperbolehkan oleh Allah SWT.


Adapun orang-orang penting yang membantu Umar untuk masuk Islam yakni Fatimah adik perempuannya dan Said bin Zaid suami adiknya.


Saudara angkatnya berkata kepadanya, ‘Umar, apa yang akan terjadi kalau kebenaran ada di luar agamamu?’ Maka Umar meloncat kepadanya dan memukulinya berulang-ulang.


Adiknya datang dan mendorongnya menjauh dari semuanya dan Umar pun memukulinya dengan tangan kosong hingga wajahnya berdarah.


Lalu adiknya itu berkata dengan keadaan marah, ‘Bagaimana jika kebenaran itu ada di luar agamamu? Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhamad adalah hamba-Nya dan Utusan-Nya.’ Umar pun berkata, ‘ Berikan tulisan yang telah kau baca aku akan membacanya.’


Lalu Umar membacanya dan adiknya berkata, ‘Kamu kotor, tidak seorangpun boleh membacanya kecuai telah bersuci (maka berdirilah dan sucikanlah dirimu atau ambil air wudhu). 


Kemudian Umar berdiri dan berwudhu, lalu beliau mengambil tulisan dan membaca surah Taha hingga sampai pada ayat,


'Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada tuhan selain Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingatku.” (QS. Taha: 14)


Begitulah sepenggal kisah Umar bin Khatab masuk Islam, sejak masuk ke dalam Islam Umar menjadi sosok yang bijaksana. [Lilis]





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close