Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Hari PMR 1 Maret 2023, PMR Se Jember Bikin Eco Enzyme 1000 Liter Untuk Lingkungan

23 Februari 2023


 


Jember, zonamerdeka.com - Palang Merah Remaja (PMR) di Kabupaten Jember punya cara unik untuk memeriahkan peringatan Hari PMR 1 Maret 2023. Yaitu dengan memproduksi Eco Enzyme 1000 Liter yang ramah lingkungan. Sekitar 25 PMR di Kabupaten Jember akan memproduksi Eco Enzyme. 


PMR yang ambil bagian dalam pembuatan Eco Enzyme yaitu PMR WIRA Unit  SMA Negeri Arjasa  distrik 5,  PMR WIRA Unit  SMA Negeri Kalisat distrik 5,  PMR WIRA Unit SMA Negeri Pakusari distrik 4,  PMR Unit MAN 2 Jember,  PMR Unit SMPN 9 Jember  PMR MADYA Unit SMPN 1 Jember. PMR WIRA Unit SMK 4 Pancasila Ambulu,  PMR MADYA Unit SMPK Santo Petrus Jember . 


Kemudian  PMR WIRA SMAN 3 Jember,  PMR WIRA unit SMAK Santo Paulus Jember,  PMR Madya SMPN 10 Jember,  PMR WIRA unit SMAN 1 Kencong distrik 2,  PMR WIRA unit SMKN 2 Jember,  PMR WIRA unit SMAN 2 Jember,  PMR WIRA unit SMAN 1 Jember,  PMR WIRA unit SMAN 1 Kencong,  PMR WIRA SMKN 4 Jember,  PMR WIRA SMKN 6 Jember, PMR WIRA SMA 1 Tanggul, PMR WIRA MAN 3 Jember,  PMR WIRA SMK PGRI 5 Jember, PMR WIRA SMAN Jenggawah,  PMR Wira ponpes Nuris,  PMR Wira SMA Negeri 5 Jember. 


Eco Enzyme adalah hasil fermentasi limbah organik dapur menjadi bahan yang mempunyai banyak manfaat untuk alam dan manusia. Manfaat ekoenzyme untuk pertanian adalah sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, filter air, pupuk alami untuk tanaman, dan dapat menurunkan efek rumah kaca. 


“Sehubungan dengan rencana memperingati Hari PMR Tanggal 1 Maret 2023  dari bidang Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember mengadakan acara membuat Eco Enzyme 1000 liter," Elvana Kusdijanto, Kabid Pelayanan Markas PMI Kabupaten Jember. Yang sudah membuat eco Enzyme salah satunya dilaksanakan oleh Forpis distrik 2, PMR dari SMAN 1 Kencong, SMAN 1 Umbulsari, SMA Balung , MAN 3 Jombang Jember, SMK PGRI kencong, SMK Darul Muqomah. 


Pembuatan Eco Enzyme tersebut bisa dilakukan serentak di sekolah masing-masing dapat bekerja sama dengan ekskul lain yang ikut juga peduli dengan Lingkungan. Namun karena di awal Maret sebagian sekolah ada kegiatan ujian, maka untuk pembuatannya disesuaikan dengan jadwal latihan rutin PMR. “Apabila ada 25 unit PMR yang ikut maka per unit bisa membuat kira2 lima galon air. 5 unit galon tersebut tidak harus dikerjakan pada 1 Maret, lebih baik dibuat sebelum nya,” imbuhnya. (*)



Manto





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close