Notification

×

Iklan

Iklan

Pariwisata Kabupaten Bangka, Harus Diimbangi Pemandu Wisata Yang Handal

04 Januari 2023


 


Bangka, zonamerdeka.com - Perkembangan tempat -tempat wisata yang ada di Kabupaten Bangka saat ini,  cukup baik dan penataannyapun juga tertata dengan baik. Namun tentunya  juga dibutuhkan pemandu wisata yang handal,  untuk menjelaskan tempat- tempat wisata serta menawarkan wisata. Sehingga para wisatawan yang berkunjung, betah dan akan datang kembali di daerah ini. Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Provinsi Bangka-Belitung, Ir.Agung Setiawan, Rabu (04/01/2023) di ruang kerjanya.


Menurut Agung Setiawan, tanpa adanya pemandu wisata yang handal, sepertinya susah untuk mendatangkan wisatawan dari luar datang kembali ke daerah ini. Dalam arti ketika orang luar datang ke Bangka, mungkin perlu penjelasan yang detail tentang tempat wisata yang didatangi. Sehingga wisatawan yang datang mengerti dan tertarik akan datang kembali ke tempat-tempat wisata di kabupaten Bangka, 

"Kalau tidak ada pemandu wisata, bagaimana mereka tahu tentang tempat wisata yang dikunjungi. Kemudian juga tempat penjualan cendra mata serta tempat kuliner khas daerah ini. Untuk itu, sangat penting sekali peran pemandu wisata," tuturnya.


Agung Setiawan yang juga tokoh masyarakat warga keturunan ini mengatakan, bahwa untuk mengemas tempat-tempat wisata, tidak cukup hanya dengan menata dan mempercantik tempat wisata, namun juga dibutuhkan pemandu wisata yang handal yang akan mendampingi wisatawan yang datang. Dengan begitu akan nyambung dengan yang diinginkan wisatawan yang datang dan juga nyambung dengan keberadaan tempat wisata yang didatangi, "Kalau wisatawan yang datang, tanpa ada yang menjelaskan tetang keberadaan tempat wisata tersebut, mungkin mereka hanya datang sekali dan tidak akan datang lagi. Itulah fungsi pemandu wisata untuk merayu wisatawan yang datang, agar datang lagi ke kabupaten Bangka," jelasnya.


Ditambahkan Agung Setiawan, kemudian untuk memajukan wisata daerah ini,  juga dibutuhkan ketelatenan seseorang yang benar-benar mencintai pariwisata. Seseorang yang mampu memenegerial komunikasi dengan baik dari berbagai lini dan dari berbagai stakeholder. Sehingga  penunjang wisata yang  lainnnya dengan sendirinya nyambung, seperti transportasi travel dan kebutuhan lain wisatawan yang datang, "Pemerintah setempat juga harus membantu wisata-wisata lokal yang saat ini perkembang pesat di jalan lintas timur wilayah ini, " terangnya. (eru)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close