Notification

×

Iklan

Iklan

Pelantikan Pengurus DPC Geomaritim Kabupaten Sorong periode 2022-2026

15 Desember 2022


 


Sorong, zonamerdeka.com -  Bertempat Aula Hotel Aquarius jln Nangka Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kabupaten Sorong  tepat pada tanggal Rabu siang (14/12/ 2022)wit, Bertempat Aula Hotel Aquarius telah.


Berlangsung kegiatan Pelantikan Pengurus DPC Geomaritim Kabupaten Sorong periode 2022-2026 dipimpin langsung oleh Dra. Bekti Giri Wahyuni, M.Si Dinas Perikanan Kabupaten Sorong dan di ikuti oleh kurang lebih 30 orang.




Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai berikut.


1.Ir. Rohman, ST, MM, MT, IPM  


2.Kakesbangpol Kabupaten Sorong  Adri Benie Timban, S.H


3.Ketua KNPI Kabupaten Sorong  Karlos Kalasuat, SE. M.ap 


4. Sekretaris Geomaritim Provinsi Papua Barat Daya Ricky 


5) Ketua DPC Geomaritim Kabupaten Sorong Rudolof Nauw 


C. Dalam Rangkaian kegiatan sebagai berikut kegiatan dimulai tersebut di mulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya di lanjutkan dengan sambutan ketua panitia oleh Ismaila O. Bure mengatakan.


Latar belakang Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi untuk menjadi poros maritim di dunia poros maritim di dunia bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang besar kuat dan makmur melalui pengembalian pengembalian identitas Indonesia sebagai bangsa maritim dan keamanan maritim.


Memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia untuk menuju negara, proses maritim dari aspek infrastruktur politik, sosial budaya, hukum keamanan, ekonomi penegakan kedaulatan wilayah laut NKRI.


Sektor-sektor ekonomi kelautan penguatan dan pengembangan kolektivitas rehabilitasi kerusakan lingkungan dan konservasi serta peningkatan kualitas sdm kelautan merupakan program-program utama dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim Indonesia.


Pada umumnya Papua Barat secara khusus memiliki wilayah perairan yang sangat luas dengan potensi sumber daya kelautan yang melimpah sehingga perlu dikelola secara optimal dan berkelanjutan di Papua Barat Papua Barat Daya ini diantaranya adalah sebagai wadah berkumpul dan berserikat bagi masyarakat kemaritim indonesia. 


Pelantikan Pengurus DPC Geomaritim Kabupaten Sorong sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 dan tanggal 20 Februari 2017 tentang kebijakan kelautan Indonesia dan program nawacita al,


1) Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim di dunia.


2) Nama kegiatan deklarasi dan pelantikan DPC Geomaritim Kabupaten Sorong 


3) Tema kegiatan melebarkan ekstensi Geomaritim di Kabupaten Sorong terdapat dalam undang-undang dasar 1945.


4) Deklarasi tanggal 14 Desember 2022 pelantikan 14 Desember 2022. 


Pelaksanaan kegiatan adalah pengurus DPC Geomaritim Kabupaten Sorong bentuk dan tujuan kegiatan deklarasi sebagai upaya pengenalan tentang adanya eksistensi Geomaritim di Kabupaten Sorong, pelantikan merupakan hajat orang yang cukup esensial dan dalam komunikasikan pengurusan secara seremonial dan dilanjutkan dengan.


Pembacaan Naskah Pelantikan dilanjutkan Deklarasi.Pembacaan SK Pelantikan.

dan Penandatanganan Naskah Pelantikan serta.Penyerahan Bendera Pataka Geomaritim oleh Kakesbangpol kepada ketua DPC Maritim Kabupaten Sorong sebagai tanda bahwa telah dikukuhkanya Geomaritim Kabupaten Sorong.


Selaku Ketua Panitia Rudolof Nauw selaku Kerua DPC Maritim Kabupaten Sorong dalam sambutanya mengatakan sebagai berikut.


Keberadaan geometri ini telah diakui oleh Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2017 tentang kebijakan kelautan Indonesia moto organisasi ini ialah Cakrawati samudra.


Tujuan dari moto organisasi ini ialah didirikannya ormas Indonesia ini diantaranya adalah sebagai wadah berkumpul dan berserikat bagi masyarakat kemaritiman Indonesia ini diantaranya adalah sebagai mendukung personalisasikan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 tanggal 20 Februari 2017 tentang kebijakan kelautan Indonesia dan program nawacita pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia


Berdirinya Geomaritim Indonesia diantaranya untuk mengawal kebijakan kelautan Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2017 atau sebagaimana pidato bapak Jokowi saat pelantikan sebagai presiden tanggal 20 Oktober 2014 lalu di mana beliau mengatakan kita harus bekerja dengan sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim.


Sebagai daerah yang mempunyai luas wilayah kelautan yang kurang lebih luas 4.619 KM maka ini dipastikan kita perlu mengelola sebaik mungkin untuk kepentingan masa depan Negeri ini, untuk untuk kami pengurus Kabupaten Sorong yang baru saja dilantik ini berharap kita semua dapat membangun kerjasama dengan semua pihak terutama stakeholder yang ada di Kabupaten Sorong demi menjaga dan merawat laut kita secara bersama-sama demi kemajuan Kabupaten Sorong yang kita cintai.


di lanjutkan dengan Sambutan dari Dra. Bekti Giri Wahyuni, M.Si (Dinas Perikanan Kabupaten Sorong)


Sebelum saya menyampaikan sambutan dari Bapak PJ Bupati Sorong mari senantiasa panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat penyertaan dan perlindungannya kita dapat hadir bersama di tempat ini dalam rangka kegiatan pelantikan dewan pengurus cabang gerakan poros maritim Indonesia khususnya geo maritim di Kabupaten Sorong periode 2022-2026.


Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan Terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu sekalian semoga kegiatan ini membawa banyak manfaat dan keberkahan serta kebaikan bagi kita semua.


Geomaritim didefinisikan sebagai suatu konsep strategi yang membingkai gagasan-gagasan dan cara pandang keilmuan geografi dalam memahami kondisi bentang alam bentang budaya yang melandasi upaya perancangan aksi atau planning action mengelola maritim dalam konteks ini Geomaritim diarahkan untuk mewujudkan visi poros maritim dunia di Tahun 2022.


Gerakan poros maritim Indonesia atau geo maritim akan memasuki usia yang kelima tahun perjalanan panjangnya hingga saat ini mengisahkan banyak cerita mulai dari lahirnya yaitu pada tanggal 28 Oktober 2017 yang silam.


Upaya memperkuat jati diri sebagai negara maritim sebagaimana yang termaksud dalam Nawacita atau sembilan agenda prioritas pemerintahan saat ini sangat relevan dengan konsep geometrim.


 Kehadiran DPC pengurus Kabupaten Sorong diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pertimbangan-pertimbangan strategis sebagai landasan pembuatan kebijakan mewujudkan visi poros maritim dunia.


Permasalahan dan gagasan operasional poros maritim dunia 5 pilar poros maritim dunia tersebut yang mencakup budaya maritim sumber daya laut, infrastruktur dan konektivitas maritim, deklarasi maritim dan pertahanan maritim.


Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sorong turut bangga atas pelantikan badan pengurus geometri tim Kabupaten Sorong dengan integritas tinggi semoga amanah dalam menjalankan fungsi sebagai pengurus geometrim di Kabupaten Sorong sebagaimana fisik bapak Presiden Jokowi atau membangun dari pinggiran maka saya berharap keterwakilan seluruh komponen dalam kepengurusan geo maritim di Kabupaten Sorong ini yang memiliki semangat pemberdayaan yang kuat dapat ikut mendongkrak pula pembangunan di Kabupaten Sorong provinsi maupun secara nasional.


(Amatus Rahakbauw)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close