Notification

×

Iklan

Iklan

Destinasi Wisata di Banyuwangi ini Sangat Menarik Untuk Dikunjungi

02 Mei 2024


 


Kawah Ijen Banyuwangi

Wisatawan Indonesia paling suka melihat Kawah Ijen Banyuwangi. Kawah Ijen, yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terkenal karena pertambangan belerangnya yang ikonik dan pemandangan kawah hijau yang indah.


Selain itu, api biru, juga dikenal sebagai "api biru biru", muncul di Kawah Ijen karena gas sulfur yang terbakar dari retakan Gunung Api Ijen, yang mencapai suhu 600 derajat Celcius. Ini adalah api biru terbesar di dunia, dan satu-satunya tempat di dunia yang memiliki fenomena ini adalah Gunung Dallol di Ethiopia.


Hiking ke Kawah Ijen, yang merupakan rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur, mencakup jarak 3 km dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam, tergantung pada kecepatan berjalan Anda.


Cara Menuju Kawah Ijen: Kawah Ijen terletak di perbatasan kabupaten dan agak jauh dari pusat kota Banyuwangi, sekitar satu jam perjalanan dengan mobil. Oleh karena itu, aktivitas hiking dan bau belerang yang kuat di sekitarnya tidak disarankan untuk orang tua, wanita hamil, penyandang disabilitas, pengidap gangguan fungsi tulang belakang, gangguan fungsi hati, mata sensitif, dan gangguan fungsi pernapasan lainnya. Dari pusat kota Banyuwangi, pergi ke Kecamatan Licin. Dari sana, Anda harus menuju Paltuding, yang merupakan lokasi awal untuk mendaki Kawah Ijen. Klook menyarankan untuk mengikuti, yang biasanya dimulai pada tengah malam dan diakhiri dengan melihat Blue Fire Ijen hingga matahari terbit di puncaknya.


Salah satu destinasi wisata populer di Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran, yang merupakan rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur. Selain itu, setelah syuting video klip Raisa yang berjudul "Jatuh Hati" juga dilakukan di Taman Nasional Baluran. Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Baluran adalah pemandangan savana Afrika yang terletak di Jawa Timur.


Berfoto di Taman Nasional Baluran Meskipun Taman Nasional Baluran masuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo, tetapi karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota Banyuwangi, itu dianggap sebagai salah satu tempat wisata yang harus dilihat selama liburan di Banyuwangi. Taman Nasional Baluran berjarak sekitar 1,5 jam dari Banyuwangi dengan mobil.


Tidak hanya Anda dapat menikmati savana ala Afrika di Baluran, tetapi Anda juga dapat melihat hewan liar, termasuk rusa-rusa yang lucu, dan berfoto dengan pemandangan yang menakjubkan di Savana Bekol sebelum sampai ke Pantai Bama yang tidak jauh dari sana.


Cara Mengakses Taman Nasional Baluran: Gerbang Masuk berada di Randu Agung, Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374.
Dengan mobil pribadi, Anda dapat pergi ke Taman Nasional Baluran dari Banyuwangi melalui Jalan Raya Pantura.



Dialoog Banyuwangi 

Lokasi ini sebenarnya adalah hotel bintang empat di pinggir pantai Banyuwangi, bukan tempat wisata. Namun, Dialoog menjadi sangat disukai dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk liburan Banyuwangi berkat keindahannya yang mengingatkan pada hotel pinggir pantai Bali.


Dialoog memberikan alasan mengapa Banyuwangi adalah tempat yang bagus untuk liburan berikutnya: selain memiliki wisata alam yang menakjubkan, kota di ujung timur Jawa ini memiliki hotel yang dirancang dengan gaya minimalis modern yang memenuhi standar internasional. Ini sekarang menjadi standar bagi hotel-hotel lainnya di Banyuwangi, dan tentunya akan terus berkembang seiring banyaknya wisatawan lokal dan asing yang ingin mengunjungi Banyuwangi.

 
Jika Anda menginap di Dialog Banyuwangi Deluxe Ocean View, Anda tidak akan disalahkan jika Anda malas bepergian karena hotelnya yang nyaman. Di sana ada kolam renang dengan pemandangan pantai yang indah, dan restoran Casabanyu memiliki pemandangan lau yang indah di sebelahnya.

 
Lobby Dialoog Banyuwangi: Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Kaliklatak, Klatak, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68421


Taman Blambangan & Taman Sritanjung

Taman Blambangan sebenarnya adalah alun-alun kota Banyuwangi. Tidak mengherankan bahwa Taman Blambangan sering menjadi lokasi acara besar, sampai didirikannya Kuliner Pintar, pusat kuliner Banyuwangi.
Namun, ada taman lain di pusat kota Banyuwangi yang disebut Taman Sritanjung, yang terletak tidak jauh dari Taman Blambangan. Namun, Taman Blambangan lebih sering digunakan sebagai tempat acara, sedangkan Taman Sritanjung adalah tempat terbaik untuk bersantai di Banyuwangi karena memiliki trek berjalan kaki dan air mancur yang indah.


Jika Anda pergi ke Banyuwangi, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Sritanjung dan Taman Blambangan. Di sana Anda dapat bersantai dan menikmati makanan khas Banyuwangi seperti rujak soto, sego tempong, dan sego cawuk.

 

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto: Syafrie Arvin / Unsplash Anda tidak bisa mengunjungi Banyuwangi tanpa menyebutkan pantainya! Taman Blambangan dan Taman Sritanjung terletak di Jl. Diponegoro No.2, Kepatihan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68411. Pantai ini diberi nama karena hal yang membuatnya unik: di dekat pantai terdapat "pulau" kecil dengan bukit yang tinggi yang tanahnya berwarna merah.
Foto Pulau Merah Banyuwangi: Kredit: Said Alamri / Unsplash Wisatawan dapat menjelajahi Pulau Merah ketika laut sedang surut. Tapi Pulau Merah bukan hanya unik karena pasirnya yang halus; itu adalah tempat terbaik untuk bermain. Dengan ombak yang bergulung-gulung yang indah, pantai ini terkenal sebagai tempat terbaik untuk berselancar dan surfing.
Pantai Pulau Merah relatif aman untuk peselancar pemula, berbeda dengan Pantai Plengkung, yang terkenal sebagai tempat surfing profesional. Bahkan ada persewaan papan surfing di tempat ini.
Lokasi Pantai Pulau Merah: Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Dengan mobil melalui Jl. Nasional III, Pantai Pulau Merah terletak sekitar dua jam dari pusat kota Banyuwangi. Anda juga dapat mengunjungi Pantai Pulau Merah, serta Pantai Sukamade dan Teluk Hijau.

Teluk Hijau Green Bay atau Teluk Hijau Banyuwangi: Terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Hijau atau Green Bay adalah sebuah teluk dengan air hijau turquoise yang indah dan pasir putih yang lembut. Namanya sesuai. Zona hijau di sekitar teluk ini menambah keindahan pemandangan ini, yang benar-benar mengagumkan.
Green Bay, juga dikenal sebagai Teluk Hijau Banyuwangi, terletak di dalam taman nasional, jadi pastikan semua barang bawaanmu aman dan jangan beri mereka makan.
Lokasi Teluk Hijau: Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488
Sangat jauh dari Banyuwangi, yang membutuhkan sekitar 86 km atau 2,5 jam perjalanan, dan jalan menuju teluk masih cukup buruk. Klook sangat menyarankan untuk mengikuti rute ini, yang akan membawa Anda ke Teluk Hijau, Pantai Sukamade, dan Pantai Pulau Merah.

7. Pantai Sukamade terletak di Taman Nasional Meru Betiri dan "bertetangga" dengan Teluk Hijau. Hampir setiap malam, penyu dewasa datang ke pantai untuk mengubur telurnya, dan pagi-pagi, bayi-bayi penyu biasanya keluar dari telur-telurnya dan berjuang menuju lautan. Kedua proses akan memberikan pengalaman magis yang tidak akan terlupakan!
Anda dapat menemukan homestay dan penginapan di dekat Pantai Sukamade. Disarankan untuk menginap di daerah sekitar Pantai Sukamade karena lokasinya jauh dari Banyuwangi (sekitar 97 km) dan jalan menuju tempat itu sulit.
Anda juga dapat mengikuti perjalanan yang akan membawa Anda melihat konservasi penyu di Pantai Sukamade. Tour ini juga membawa Anda ke Teluk Hijau dan Pantai Pulau Merah.
Cara Menemukan Pantai Sukamade: Alamat: Jln. Sukamade No.99, Dusun Sukamande, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68488



8. Pantai Plengkung: Salah satu tempat wisata Banyuwangi yang paling terkenal di kalangan pecinta surfing adalah Pantai Plengkung. Karena ombak besarnya yang bergulung-gulung menjadikan pantai ini salah satu yang terbaik di dunia untuk surfing profesional. Disebutkan bahwa ombak terbaik untuk surfing di Pantai Plengkung hanya kalah dari Hawaii.
Surfing di Bali dapat disebabkan oleh ombak besar di Pantai Plengkung, yang memungkinkan peselancar melakukan "tube riding", sebuah istilah yang digunakan dalam surfing ketika peselancar melaju di dalam lengkungan ombak. Tidak mengherankan bahwa Pantai Plengkung, yang juga disebut sebagai "G-Land" oleh peselancar internasional, sering menjadi lokasi kompetisi surfing internasional.
Lokasi Pantai Plengkung: Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
Pantai Plengkung terletak sekitar 74 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, di dalam Taman Nasional Alas Purwo. Untuk mencapai pantai ini, Anda mungkin perlu menyewa mobil atau motor dari Banyuwangi.

9. Pulau Tabuhan: Pulau kecil ini terletak di utara Selat Bali. Itu terlepas dari Pulau Jawa, tetapi masih bagian dari Kabupaten Banyuwangi. Selain keindahan pulau itu sendiri, tempat wisata Banyuwangi ini terkenal sebagai tempat terbaik untuk bermain kiteboarding karena kecepatan angin konstan 20–25 knot di sekitar pulau.
Pulau Tabuhan juga memiliki pasir putih yang menyenangkan untuk bermain dan tempat untuk snorkeling yang seru.
Cara untuk pergi ke Pulau Tabuhan: Anda dapat pergi ke Pulau Tabuhan dengan kapal dari Pantai Kampe, yang terletak 40 menit di utara pusat kota Banyuwangi.

10. De Djawatan Pada awalnya, De Djawatan adalah wilayah hutan lindung yang dikelola oleh Jawatan Perhutani. Di lokasi ini terdapat lima puluh pohon trembesi yang besar dan indah. Tempat ini dulunya terlihat menyeramkan karena tidak terurus, tetapi sejak pemerintah Banyuwangi menata kembali, De Djawatan sekarang menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Banyuwangi.
Kesan menakutkan De Djawatan telah hilang dengan pembangunan hutan trembesi yang lebih teratur. Apalagi, sudah ada fasilitas wisata di sekitarnya, seperti papan nama menarik dan tempat ibadah. Namun, jangan mengharapkan banyak aktivitas wisata di De Djawatan. Ini karena De Djawatan memprioritaskan wisata alam yang asri.
Faktanya lucu adalah bahwa hutan De Djawatan ini juga disebut "Hutan" karena kemiripannya dengan hutan di film terkenal itu.
Cara Menemukan De Djawatan: De Djawatan terletak di Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68482. Buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, kecuali pada hari Senin dan Kamis.


11. Taman Nasional Alas Purwo: Meskipun Taman Nasional Baluran berada di bagian utara Kabupaten Banyuwangi dan masuk ke Kabupaten Situbondo, Taman Nasional Alas Purwo berada di wilayah selatan Banyuwangi. Taman Nasional Alas Purwo memiliki savana Afrika seperti di Baluran!






ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close