Notification

×

Iklan

Iklan

Blawan, Wisata Air Terjun yang Eksotik di Bondowoso

29 April 2024


Foto Google Map

Bondowoso adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik.  Air Terjun Blawan yang indah adalah salah satu tempat wisata alam yang harus dikunjungi oleh siapa pun yang berkunjung ke Bondowoso.
 

Air terjun yang indah ini bukanlah tempat wisata baru. Orang-orang di sekitarnya hanya datang ke sana.

Wisatawan yang berlibur di Jawa Timur mungkin tidak terlalu tertarik dengan Bondowoso.

Akan tetapi, para wisatawan dari luar Jawa Timur sekarang mulai mengunjungi air terjun ini.

Pemandangan di sekitar air terjun sangat menarik untuk foto.

Daya Tarik Air Terjun Blawan

Tahu apa daya tariknya jika Anda tertarik ke sini. Wisata air terjun Bondowoso ini memiliki beberapa daya tarik berikut:

✦ Niagara Mini

Air Terjun Blawan adalah versi kecil dari air terjun Niagara di Bondowoso. Bentuk air terjun ini melebar karena debit air yang tinggi. Namun, aliran airnya tidak sederas air terjun Niagara Amerika. Akibatnya, air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungi karena bentuknya berbeda dari air terjun biasa.




✦ Tertutup Tebing

Air terjun yang indah ini dikelilingi oleh tebing, yang cukup tinggi, yang menjadikannya tempat yang bagus untuk foto. Ada tebing yang berbatu dan diselimuti lumut di satu sisi, dan ada tebing tanah dengan banyak akar-akar pohon yang sangat besar di sisi lain.

✦ Terletak di sekitar Taman

Wisatawan akan melewati perkebunan kopi dan macadamia yang luas yang dimiliki PTPN sebelum masuk ke air terjun. Suasana alami di sekitar air terjun sangat cocok untuk piknik bersama keluarga dan teman-teman. Pepohonan yang ada di sekitar air terjun sangat besar.

✦ Tempat yang Alami

Air terjunnya dari atas tebing dan jalur masuknya yang tidak begitu lebar membuat lokasi jalan-jalan alam ini tetap sangat alami.

Akibatnya, wilayah sekitar ini tetap asli. Selain itu, banyak penduduk lokal dan perumahan tidak mengganggu wisatawan.

Air terjun ini berada sekitar 52 km dari kota Bondowoso, Jawa Timur, tetapi berada di kawasan perkebunan kopi yang dimiliki PTPN.

Wisatawan hanya perlu berjalan sejauh 100 meter ke air terjun setelah parkir mobil mereka di lokasi, jadi jangan khawatir.

Air Terjun Blawan terletak di Kampung Rengahrejo, yang terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen. Air terjun ini berasal dari kawah ijen yang sangat kuat.

Wisatawan hanya dapat menikmati pemandangan dari sebelah Barat karena tanah kosong yang lebih aman dijaga pagar.

Tiket Wisata Alam

Wisatawan hanya perlu membayar Rp5.000 untuk tiket masuk Senin hingga Jumat ke Air Terjun Blawan.

Tiket naik menjadi Rp10.000 untuk hari Sabtu dan Minggu karena lebih banyak pengunjung. Tiket ini berlaku untuk orang dewasa dan anak-anak.

Wisatawan harus membayar biaya parkir yang berbeda dengan tiket masuk jika membawa kendaraan pribadi.

Tarif parkir untuk mobil adalah Rp5.000, dan untuk motor adalah Rp2.000.

Tempat Wisata yang Tersedia

Jika Anda ingin pergi ke Air Terjun Blawan, Anda tidak perlu khawatir tentang fasilitasnya. Ada tempat parkir di mana pengunjung dapat membawa kendaraan mereka ke sana.

Hanya saja, lahan parkirnya tidak dekat dengan air terjun, jadi wisatawan yang ingin piknik tidak akan terganggu. Lahan parkirnya luas dan bisa menampung motor dan mobil.

Wisatawan yang tidak membawa makanan juga tidak perlu khawatir karena ada banyak restoran di sekitarnya.

Warung ini menyediakan makanan untuk pengunjung, termasuk makanan ringan dan minuman. Wisatawan yang ingin berfoto juga memiliki tempat yang bagus untuk melakukannya.** 

Lokasi Air Terjun Blawan







ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close