Notification

×

Iklan

Iklan

Beberapa Tools Untuk Cek Duplikat Konten atau Tulisan dari Sebuah Website

16 April 2024






Duplikat konten, juga dikenal sebagai plagiarisme, adalah tindakan menjiplak karya yang melanggar hak cipta orang lain. Saat ini, masih banyak kasus plagiarisme yang sering terjadi, mulai dari tugas akhir, esai, skripsi, dan karya tulis lainnya.



Anda dapat menggunakan situs web cek plagiarisme yang cukup akurat untuk mengetahui apakah sebuah karya merupakan jiplakan.




Selain itu, ada banyak rekomendasi untuk situs web cek plagiarisme yang akurat dan gratis yang dapat Anda pilih.



Berikut ini adalah beberapa situs web yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa plagiarisme. 


1. Check Plagiarism


Apabila ingin memeriksa tulisan sebanyak 10.000 sampai 15.000 kata secara gratis, Check Plagiarism dapat menjadi pilihan terbaik.


Tidak hanya dapat mengecek tulisan dengan jumlah kata yang banyak, beragam tipe dokumen juga dapat diunggah, meliputi .doc, .docx, .txt., dan .pdf.


Menariknya, situs ini juga menawarkan alat parafrase kalimat bagi Anda yang ingin menulis ulang sebuah konten.

Web link: https://www.check-plagiarism.com/



2. Copyleaks

Copyleaks adalah layanan pengecekan plagiarisme berbasis online yang banyak digunakan para peneliti untuk mendeteksi tulisan sebelum dipublikasi.


Penggunanya dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di situs Copyleaks sebelum memulai pengecekan. Copyleaks sendiri menggunakan sistem teknologi AI sehingga proses pengecekan dinilai lebih akurat.


Selain itu, layanan ini memiliki ratusan pilihan bahasa serta mendukung pengecekan berbagai jenis dokumen.


3. Copyscape

Tidak hanya dapat melakukan pengecekan, Copyscape juga menawarkan beberapa layanan lain seperti Copyscape Premium, Premium API, Free Comparison Tool, dan Free Plagiarism Banner.


Cara menggunakan layanan ini tidak berbeda jauh seperti situs website pengecekan plagiarisme lainnya. Pengguna hanya diminta masuk ke situs Copyscape agar dapat menikmati fitur-fitur yang telah disediakan.



4. Duplichecker

Situs pengecekan plagarisme selanjutnya adalah Duplichecker yang menawarkan tiga opsi plagiarisme berbasis salin tulisan, unggah dokumen, atau input tautan.


Adapun parameter mengenai keaslian tulisan dari hasil pengecekan ditampilkan melalui persentase.


Jika persentasenya rendah, itu menandakan tulisan masuk kategori orisinal. Namun jika hasilnya tinggi, maka ada kemungkinan tulisan tersebut kurang keabsahannya.


5. Grammarly

Selain dapat memeriksa tata bahasa Inggris, Grammarly juga dapat digunakan untuk mengecek plagiarisme. Situs ini memiliki fitur pemeriksaan tingkat duplikasi otomatis dari artikel atau konten lainnya di internet.


Grammarly juga dapat digunakan di perambah ponsel pintar maupun laptop.


6. Small SEO Tools

Small SEO Tools merupakan situs pengecekan plagiarisme yang mudah digunakan.


Selain mudah digunakan, situs pengecekan plagiarisme ini gratis dan memiliki tingkat akurasi tulisan yang akan ditunjukkan dalam jumlah persentase di akhir pengecekan.


Cara menggunakannya cukup dengan menyalin seluruh tulisan ke Small SEO Tools. Kemudian, situs akan mendeteksi secara otomatis untuk mengetahui seberapa persis dengan tulisan lain yang sudah dipublikasikan di berbagai situs.


7. 1 Text

1 Text merupakan website pengecekan plagiarisme yang dapat digunakan bagi seorang penulis atau pebisnis yang ingin memeriksa konten.


Namun sayangnya, website ini membatasi total mencapai 2.000 kata per hari. Anda bisa upgrade layanan Pro dengan membayar per bulan atau tahun sesuai dengan kebutuhan.


8. Plagiarisma

Plagiarisma merupakan situs cek plagiat gratis yang memiliki banyak pilihan bahasa dari berbagai penjuru dunia.


Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyalin tulisan atau mengunggah dokumen pada kolom yang sudah disediakan.


9. Quetext

Quetext merupakan perangkat untuk mengecek plagiarisme gratis. Pengguna cukup membuat akun dengan proses yang tidak sulit.


Setelah akun terdaftar, Anda tinggal memilih opsi 'check for plagiarism' yang tersedia di bagian depan laman Quetext untuk menyalin teks yang perlu diperiksa.


web: 





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close