Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Optimis Dapat Piala Adipura, Kadis DLH Rohil Sebut Titik Pantau Sudah Siap Dinilai

22 Januari 2024

 

ROHIL (zonamerdeka.com) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir sudah melakukan penataan dan pembenahan beberapa lokasi yang menjadi titik pantau untuk penilaian Adipura Tahun 2023. Ada 27 titik pantau yang akan dinilai nantinya oleh tim penilai.


Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi, S.Sos saat ditemui usai membersihkan Jalan Perkatoran batu enam Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau, Jumat Sore (19/1/2024).


"DLH Rohil telah melakukan persiapan dan penataan pada 27 titik pantau yang akan di nilai oleh tim penilai Adipura Tahun 2023 dari KLHK, DLHK Propinsi Riau serta P3ES. Kami sudah benahi 27 titik pantau ini berangsur angsur sejak penilaian Kota bersih," kata Suwandi.


Lanjutnya," adapun titik pantau yang sudah dipersiapkan dan ditata untuk dilakukan penilaian di antaranya taman kota , hutan kota, taman budaya, sekolah yang ada di kota Bagansiapiapi ada tiga sekolah yang kita tunjuk seperti sekolah SDN 001, SMP Negeri 1 Bangko dan SMA Negeri 1. "


"Kemudian ada Rumah Sakit umum daerah (RSUD), Puskesmas dan yang tidak kalah pentingnya di TPA, dan

di TPA ini ada tiga lokasi yang dinilai bersama pengelolaan sampah perkotaan. Kemudian bak sampah induk dan proses pengolahan sampah di TPS, " terang Suwandi.


Selain itu dikatakan Suwandi, ada bank sampah dan beberapa lokasi seperti perumahan, pertokoan, jalan dan sebagainya termasuk saluran terbuka. 


"Ada dua lokasi untuk saluran terbuka, sungai pabrik dan sungai garam. Ya mudah-mudahanlah dengan persiapan yang kita lakukan dari jauh-jauh hari, kita siap menyambut dan menerima tim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, termasuk dari P3ES dan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau


Untuk segi penghijauan, dikatakan Suwandi sudah maksimal. Karena penghijauan sudah lama dilakukan dan hampir semua jalan sudah ditanami pohon tabebuya, Ketapang dan juga bunga-bunga.


"Kalau tidak ada halangan besok hari Sabtu (20/1) akan dimulai penilaian oleh tim penilai, dan kami optimis Rohil akan dapat piala Adipura, dengan evaluasi yang kami lakukan bersama tim dan juga beberapa OPD terkait , ya Bagansiapiapi bisa meraih piala Adipura tahun ini." harapnya. (Rilis/Mam)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close