Notification

×

Iklan

Iklan

Rektor Universitas Jember: Pancasila Ideologi Pemersatu Bangsa

01 Juni 2023


 


Jember, zonamerdeka.com - Keluarga besar Universitas Jember yang terdiri dari dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan pengurus Dharma Wanita mengikuti upacara bendera dalam rangka Hari Lahir Pancasila 2023 di lapangan upacara Universitas Jember (1/6). Dalam pidatonya, Rektor Universitas Jember mengajak kembali segenap peserta upacara untuk tidak sekedar mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila sebagai ritual saja, namun lebih kepada bagaimana kita memaknai Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam suku, agama dan budaya.


Iwan Taruna lantas mengajak keluarga besar Universitas Jember mereflesikan lahirnya Pancasila yang berakar dari budaya Indonesia. Oleh karena itu Pancasila cocok dengan bangsa Indonesia, terbukti Pancasila mampu menjadi tali pengikat bangsa. Pancasila sudah membuktikan mampu melewati berbagai rongrongan ideologi lain baik dari dalam maupun luar Indonesia. Pancasila menjadi titik tengah berbagai kepentingan di Indonesia.







“Pelajaran selanjutnya bagi kita adalah fakta bahwa para _founding father_ Indonesia yang memutuskan menggunakan Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah sedikit dari warga Indonesia saat itu yang meiliki keistimewaan dapat mengecap pendidikan tinggi. Namun walau memiliki kelebihan tersebut, mereka tetap memiliki kepedulian dan semangat untuk memerdekakan bangsanya. Oleh karena itu sebagai insan pendidikan tinggi, maka kita harus mencontoh sikap mulia ini,” ujar Iwan Taruna.


Upacara bendera Hari Lahir Pancasila juga menandai _launching_ rangkaian kegiatan Semarak Bulan Pancasila Universitas Jember 2023. Ditandai dengan pemotongan tali balon merah putih yang membawa _banner_ dengan tulisan Semarak Bulan Pancasila Universitas Jember 2023. Menurut Rektor Universitas Jember nantinya Semarak Bulan Pancasila akan diisi dengan berbagai kegiatan dari mulai kegiatan bernuansa akademis, seni hingga olah raga.



“Pancasila lahir di tanggal satu Juni tahun 1945, maka tentu saja para saksi mata sudah tiada. Padahal semakin jauh jarak kita dan generasi selanjutnya dari momen kelahiran Pancasila, maka akan selalu ada potensi Pancasila dilupakan. Oleh karena itu mari lestarikan Pancasila dengan melaksanakan nilai-nilainya di kehidupan sehari-hari. Temasuk inisiatif Universitas Jember menggelar Semarak Bulan Pancasila adalah salah satu usaha kita melestarikan Pancasila. Nantinya acara akan dikemas kekinian dan sesuai dengan generasi milenial,” sambung Iwan Taruna. 


Suasana upacara bendera Hari Lahir Pancasila terlihat berwarna apalagi banyak peserta yang memakai pakaian daerah, terutama unsur pimpinan. Suasana makin meriah kala setiap fakultas dan unit kerja berlomba melontarkan yel-yel semangat. Bahkan peserta dari Fakultas Hukum melakukan arak-arakan berkeliling kampus dengan membawa seperangkat gamelan. (ton)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close