Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Bangka Mengajak Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

04 Mei 2023


 



Bangka, zonamerdeka.com - Bupati Bangka, mengajak untuk bergerak bersama sama untuk menyemarakan Merdeka Belajar. Pasalnya dunia pendidikan harus mampu melahirkan generasi yang siap bersaing, dimana perkembangan teknologi yang kian mutakhir menuntut kita untuk menguasainya. Hal itu ditegaskan Bupati Bangka, Mulkan.SH.MH, kemaren dalam giat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di halaman kantor Bupati Bangka.


Dikatakan lebih lanjut oleh Mulkan dalam sambutannya, bahwa  merdeka belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara. Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi tingginya, sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

 

" Anak- anak kita sekarang belajar lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Kemudian para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, namun  sekarang dapat menggunakan data asesmen Nasional di Platform Rapot Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan," ungkap Mulkan.


Ditambahkan oleh orang nomor satu di Bangka ini, sejalan dengan kurikulum merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam, untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.


 "Pada jenjang perguruan tinggi, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori didalam kelas,  sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman diluar kampus dengan hadirnya program Kampus Merdeka," ujar Mulkan.


Masih dikatakan bupati Bangka, para  guru sekarang berlomba lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu,  guru guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka, "Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini adalah momentum yang tepat untuk menyemarakkan Kurikulum Merdeka Belajar, untuk generasi maju yang mampu menjawab segala tantangan untuk Indonesia lebih maju," jelas Mulkan. (eru)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close