Notification

×

Iklan

Iklan

Viral di Medsos, Angkutan Batubara Marak Marak Diduga Melintas di Jalan Kabupaten, Warga Desa Pulau Padang Pertanyakan Perizinan Angkutan

12 Maret 2023


 


Zonamerdeka. com, - Viralnya dimedia sosial (Medsos) Facebook Barito Timur Membangun, terkait adanya aktifitas angkutan hauling batubara yang melintas jalan Kabupaten, tepatnya diwilayah Desa Pulau Padang Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, membuat warga merasa terganggu dan risih. Lantas wargapun mempertanyakan izin angkutan batubara yang melintasi perkampungan di Desa Bentot, Ramania, Tewah Pupuh, Bamban dan keluar di Desa Kandris lalu masuk ke wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel).


"Kepada pihak terkait kami merasa terganggu atas armada truk PS mengangkut Batubara melewati jalan Bentot-Pasar Panas setiap tengah malam ,tulis akun Udie Vina Vino di grup Facebook BARITO TIMUR MEMBANGUN, Minggu, 12 Mei 2023.


"Dalam postingan tersebut, jumlah armadanya disebutkan kurang lebih 30 kendaraan .Yang inginkan kami tanyakan hanya legalitas angkutan tersebut dan kenapa hanya tengah malam saja lewat nya ??? jadi jangan salahkan bila kami akan menyetop rombongan truk PS tersebut untuk memastikan bahwa angkutan tersebut legal atau ilegal demikian terima kasih " tulisnya singkat dimedsos. 


Saat dikonfirmasi, pemilik akun bernama Udiyanto ini membenarkan isi postingannya tersebut. Dia mengaku bersama warga Desa Pulau Padang yang lain merasa keberatan atas angkutan batubara tersebut karena selalu lewat pada dini hari sekitar pukul 02.00 WIB saat warga tertidur pulas.


"Dalam 1 minggu ini sekitar tiga sampai empat kali angkut dan rata-rata sudah tengah malam jam 2 mereka melintas di Pulau Padang," ungkapnya.


Dalam hitungan Udiyanto setiap kali mengangkut ada kurang lebih 30 truk PS yang melintas. Namun dia belum bisa memastikan jumlah tersebut karena Udiyanto mendapatkan laporan dari warga Desa Bentot bahwa ada 90 truk PS yang melintas setiap kali jadwal angkutan.


Dia juga belum bisa memastikan pemilik angkutan batubara tersebut, karena itu Udiyanto bersama warga lain berencana mencegat angkutan itu untuk mempertanyakan legalitas atau izin angkutannya.


Bahkan pihaknya berencana menyurati desa lain yang dilintasi untuk melakukan hal yang sama.


"Kami sebagai warga hanya ingin agar legalitas angkutan tersebut bisa di sampaikan ke pemdes (pemerintah desa) yang dilewati angkutan tersebut (batubara), dan apabila memang angkutan tersebut legal maka kami berharap agar jangan lewat kalau sudah tengah malam sebab warga terganggu suara knalpot yang rata-rata knalpot modifikasi," tegasnya. (Yulius Yartono )





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close