Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Perusahaan Konsultan Pajak Diburu, Diduga 134 Pegawai Pajak Punya Saham Atas Nama Istri di 280 Perusahaan Tertutup

11 Maret 2023

 

Pahala Nainggolan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK.


Jakarta, zonamerdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan bahwa ada 134 pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang memiliki saham. Saham tersebut tersebar di 280 perusahaan tertutup dengan berbagai kegiatan usaha. Selain itu saham tersebut atas nama istri masing-masing pegawai.


Pahala mengatakan, hampir seluruh pegawai pajak tersebut mendatarkan kepemilikan saham atas nama istri. "Ini makanya kaget kami, 134 ASN punya saham," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kamis (9/3/2023).


Pahala menyampaikan seluruh pegawai tersebut memiliki saham di 280 perusahaan tertutup dengan berbagai kegiatan usaha. 


Namun Pahala menekankan sedang memeriksa perusahaan yang bergerak dalam usaha konsultan pajak.


"Saya sudah bisik-bisik ke Sekretaris Jenderal Kemenkeu, nanti saya kasih angkanya. Mungkin besok dikasih datanya," kata Pahala.


Pahala menilai kepemilikan saham oleh 134 pegawai pajak tersebut memperlebar potensi tindak pidana korupsi. Pasalnya, wajib pajak bisa memberikan gratifikasi pada perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh pegawai pajak.


Pahala berpendapat hal tersebut secara tidak langsung memperkaya pegawai pajak. Selain itu, jejak aliran gratifikasi semakin sulit untuk ditelusuri mengingat perpindahan uang dari oknum wajib pajak ke pegawai pajak. (*)



ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close