Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Buka Musrenbang Tingkat Distrik di Agats, Bupati Asmat Sampaikan Ini

03 Maret 2023

 



ASAMAT.Zonamerdeka- Bupati Asmat Elisa Kambu mengungkapkan bahwa Musrenbang Tingkat Distrik merupakan kesempatan yang disediakan oleh pemerintah sebagai ruang pembahasan dan evaluasi dalam rangka penyusunan RKPD tahunan. Oleh karena itu diharapkannya peserta yang hadir untuk berpikir, berbicara, berdiskusi bersama tentang usulan pembangunan di Kabupaten Asmat dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini dikatakannya pada saat memberikan sambutan sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut di 'Aula Warouw Cem' Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kab. Asmat, Jumat,  (03/3/2023).


Turut hadir pada pembukaan Musrenbang tersebut, PJ. Sekretaris Daerah Kab. Asmat Absalom Amyaram, S.Sos, Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi,S.Sos.,M.M, Kepala Distrik Agats Norbertus Kamona, S.Sos, Pimpinan OPD, para kepala kampung serta undangan terkait.


Bupati Asmat pada kesempatan itu mengatakan bahwa dalam pembahasan program dan pengusulan pembangunan di tingkat Distrik juga harus terukur, berjenjang serta mengacu pada program pemerintah secara Nasional. Dimana turunannya kepada Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan/Distrik hingga Tingkat Desa/Kampung. 


"Program kerja yang kita usulkan akan berjenjang baik dari tingkat Kampung, Distrik, Kabupaten, Provinsi hingga sampai pada tingkat Nasional. Agar semua program yang diusulkan ada korelasinya dari pusat yang penjabarannya RPJM Nasional yang terkafer di RPJM Provinsi dan RPJM Provinsi terkafer juga di Kabupaten, ini yang menjadi perhatian kita," ungkap Elisa. 


Bupati Asmat dua periode ini juga menambahkan,  bahwa dalam kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo, ST, memperoleh banyak dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua, bahkan juga Pemerintah pusat, dimana dengan adanya dukungan itu, Asmat banyak mendapat infrastruktur pembangunan sampai di tingkat Kampung; seperti pembangunan jalan komposit, pembangunan Puskesmas di sejumlah Distrik, perluasan Bandara Ewer, perumahan relokasi warga sekitar Bandara Ewer serta pembangunan lainnya. 


Selain itu, Elisa juga menyampaikan bahwa akses transportasi merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang pembangunan dan perputaran roda perekonomian masyarakat,  sehingga pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan negosiasi agar lebih banyak maskapai penerbangan  beroperasi melayani rute penerbangan ke Asmat. 


"Dalam waktu dekat sekitar tanggal 10 Maret pesawat Trigana akan beroperasi dari Asmat ke Merauke," jelasnya. 


Dalam tema "Penataan Tata Kelola Pemerintahan dan Penguatan Nilai-nilai Budaya", Elisa Kambu menegaskan bahwa Pemkab Asmat berkomitmen untuk terus menggenjot pembangunan infastruktur di seluruh wilayah Asmat agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Sehingga diharapkannya pemerintah Distrik melalui Musrenbang ini turut mendukung pembangunan tersebut melalui usulan usulan yang nantinya disampaikan di forum diskusi. 


“Melalui Musrenbang ini semoga rencana pembangunan berjalan terus di Asmat, demi kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok,” pungkas Elisa Kambu.


(Herry Bay/Jefry)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close