Notification

×

Iklan

Iklan

Dinkes Kabupaten Nias Gelar SUB-PIN

17 Februari 2023


 


ZONAMERDEKA.COM / Nias / -- Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub-PIN) secara serentak di wilayah Kabupaten Nias dimulai pada tanggal 15 Februari 2023 dalam waktu 1 (satu) minggu ditambah 5 (lima) hari sweeping. Sasaran pelaksanaan Sub PIN Polio adalah anak usia 0 – 59 bulan dengan jumlah sasaran menurut Pusdatin (Kementrian Kesehatan RI) sebanyak 17.291 orang. Jumat, 17/02/2023


Pemerintah Kabupaten Nias yang mana sumber berita yakni Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nias, Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio (Poliomyelitis) yang berasal dari virus yang termasuk golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja/feses yang mengandung virus polio.


Polio adalah penyakit menular yang sangat berbahaya, dapat menyebabkan Kelumpuhan/kecacatan seumur hidup/kematian.

Polio menular lewat air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio. Polio tidak dapat diobati hanya dapat dicegah dengan imunisasi Polio. Imunisasi Polio diberikan Gratis di Posyandu, TK/PAUD dan Pos Imunisasi Lainnya.


Untuk meningkatkan kekebelan Biasakan untuk :

1. Lengkapi imunisasi rutin anak usia 0 – 24 bulan

2. Cuci tangan pakai sabun

3. Jangan Buang Air Besar (BAB)/berak sembarangan

4. Minuman dan makanan di masak sampai matang.


Untuk perlindungan optimal terhadap polio maka diharapkan kepada masyarakat Kabupaten Nias untuk datang ke Puskesmas terdekat membawa anak-anaknya yang berumur 0 sampai dengan 59 bulan untuk mendapatkan tetes imunisasi Polio secara Gratis melalui kegiatan Posyandu di fasilitas kesehatan.

Sehat Negeriku Sehat Bangsaku. Yahowu.


Des Zeb





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close