Notification

×

Iklan

Iklan

BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor Gelar Forum Perangkat Daerah Rumuskan Rencana Kerja Tahun 2024

27 Februari 2023


 

 

Bogor, zonamerdeka.com - Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bogor menggelar Forum Perangkat Daerah untuk Penyusunan Rencana Kerja Bappedalitbang Tahun 2024.



Digelar di Ruang Rapat Ciliwung Bappedalitbang, Kamis, 23 Februari 2023, Forum Perangkat Daerah ini dilaksanakan untuk menghasilkan rumusan program kerja tahun 2024 yang tepat tujuan dan tepat sasaran demi kemajuan Kabupaten Bogor.

 



 Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin, dihadiri perwakilan dari perangkat daerah di Kabupaten Bogor, instansi/pusat/provinsi, perguruan tinggi, lembaga/organisasi/ikatan/forum/asosiasi/serikat/koordinator/profesi serta unsur BUMD.



Sekda Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, forum perangkat daerah merupakan ajang bagi perangkat daerah untuk mengevaluasi capaian tahun 2022, melakukan penajaman program di tahun 2023, serta menginformasikan usulan program/kegiatan tahun 2024, kepada pemangku kepentingan. “Dengan forum ini, kita berkesempatan untuk menyelaraskan program/kegiatan perangkat daerah dengan usulan prioritas hasil musrenbang tingkat kecamatan, perangkat daerah lainnya dan pokok-pokok pikiran DPRD, serta mempertajam indikator kinerja dan target program kegiatan perangkat daerah”.



"Tahun 2024 merupakan awal perencanaan jangka menengah pasca berakhirnya RPJMD Kabupaten Bogor tahun 2018 - 2023," ucapnya. Untuk itu, diharapkan perangkat daerah dapat menginventarisir kembali, program kegiatan yang belum terlaksana atau belum mencapai target untuk dilanjutkan di tahun 2024. Hal ini penting untuk menjaga konsistensi dan keberlanjutan pembangunan.



Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan yaitu mengingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah dan kebutuhan pelayanan publik yang terus meningkat, Burhanudin meminta perencanaan agar matang, efektif, efisien berdasarkan prioritas, serta mengacu pada kebijakan nasional dan Jawa Barat Tahun 2024, agar sinergi pembangunan daerah dengan pusat tetap terjaga.



"Yang kedua, pahami betul kewenangan masing-masing perangkat daerah untuk menjamin terlaksananya seluruh aspek yang diamanahkan dalam UU Nomor 23 Tahun 2024 tentang pemerintahan daerah," jelasnya.

Menurutnya, tahun 2024 adalah tahun pelaksaan pemilu serentak, seluruh perangkat daerah terkait agar mengakomodir keperluan pelaksanaan Pilkada sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Pedomani seluruh aturan yang ditetapkan, ikuti tahapan dan alur perencanaan dengan baik dan pastikan bahwa seluruh kinerja perangkat daerah yang dirumuskan, untuk tahun 2024 terinput di dalam SIPD secara tepat untuk memudahkan penelusuran proses perencanaan, penganggaran, hingga pelaksanaannya.

"Saya harap, forum perangkat daerah ini dapat menghasilkan rumusan program kerja tahun 2024 yang tepat tujuan dan sasaran demi kemajuan Kabupaten Bogor," harap Burhanudin.

 

Turut hadir menjadi narasumber dalam kegiatan ini Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, Linda Al Amin, dan Sekretaris Bappeda Provinsi Jawa Barat, Lufiandi. Kehadiran dua perangkat daerah dari provinsi menjadi model pembelajaran untuk merencanakan kinerja Bappedalitbang yang lebih baik, dari seluruh urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan.

Mewakili Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Plt Sekretaris Badan, Heksi Lestari, menyampaikan bahwa forum perangkat daerah ini bertujuan untuk menampung dan menjaring aspirasi, meningkatkan partisipasi pemangku kepentingan dalam perencanaan pembangunan, menjabarkan tujuan dan sasaran ke dalam program/kegiatan/sub kegiatan prioritas, serta sinkronisasi dengan rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Bogor. 

 

"Dalam perencanaan pembangunan daerah, dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dunia usaha, komunitas dan media," ujarnya.

 

Sementara itu, sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan terkait belum optimalnya pelaksanaan perencanaan yang tematik holistik integratif dan spasial, diharapkan perencanaan pembangunan tahun 2024 dapat didasari kebutuhan pembangunan berdasarkan kewilayahan. Instrumen yang digunakan berkaitan dengan hal ini adalah PESPA URANG (Perencanaan Pembangunan Berbasis Spasial Untuk Prioritas Anggaran). “Dengan aplikasi ini, perencanaan dapat lebih tepat diarahkan untuk menjawab permasalahan yang ada, dengan diawali penentuan tematik prioritas serta ketepatan kebutuhan anggaran sesuai dengan kondisi dan permalahan di masing-masing lokus prioritasi”, jelasnya.

 

Sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, program prioritas Bappedalitbang tahun 2024, meliputi Program perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah; Program koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah; serta Program penelitian dan pengembangan daerah.

Sumber: BAPPEDALITBANG Kabupaten Bogor

 

(Biro Bogor)
 





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close