Notification

×

Iklan

Iklan

Usia Diatas 60 Tahun, Pak Agus Tetap Aktif Donor Darah

18 Januari 2023


 




Jember, zonamerdeka.com - Agus Rijanto, mantan pengurus PMI Kabupaten Jember ini bisa dibilang tua-tua keladi, Usia makin bertambah, semangat untuk sedekah melalui donor darah makin kuat. 


Terbaru Pak Agus Donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember Rabu (18/1) siang. Pak Agus tetap lolos setelah menjalani pemeriksaan oleh tim medis UDD PMI Kabupaten Jember. Sebenarnya, batasan pendonor usia 60 tahun, yang di atas 60 tahun bisa diizinkan dengan pantauan dokter. 


“Saya sudah sejak masih sekolah SMA donor darah, setelah kuliah terus donor, lanjut sampai menjadi pengurus PMI Kabupaten Jember, bahkan setelah purna jadi pengurus PMI Kabupaten Jember juga tetap aktif,” kata Pak Agus usai donor darah.Tak heran, Pak Agus disebut tua-tua keladi untuk sedekah donor darah. 


Pak Agus menjelaskan, kegiatan donor darah rutin bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. “Dulu tiga bulan sekali donor darah, sekarang boleh dua bulan sekali donor darah, ini sedekah paling murah,” ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Jember tersebut. 


Selain itu, sambungnya, tubuhnya juga secara rutin diperiksa kesehatannya sebelum donor darah. “Sebelum donor ada pemeriksaan darah, khususnya HB darah. Kalau tidak standar berarti kurang sehat sehingga perlu ada perawatan khusus, misalnya minum air putih yang banyak atau istirahat yang cukup,” imbuhnya. 


Selain itu, donor darah besar manfaatnya bagi pasien di rumah sakit yang membutuhkan. “Yang butuh darah untuk tranfusi darah hampir tiap hari ada, darah yang kita sumbangkan bisa jadi bisa menyelamatkan pasien,” terangnya. 


Manto





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close