Notification

×

Iklan

Iklan

Beredar Video Pengurus HMI Mengenakan Kalung Salib, Aceng Roni: HMI Perlu Evaluasi Pola Pengkaderan

31 Juli 2022


 


Viral di WA video berdurasi 45 detik, seorang pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang sedang dilantik mengenakan kalung salib. 


Diketahui video tersebut direkam saat acara Pelantikan Pengurus di aula gedung HMI cab Bandung oleh salah satu anggota yang hadir dalam kegiatan pelantikan. 


Dimana pengurus yang mengenakan kalung salib dipanggil oleh senior HMI H. Aceng Roni Syahbana dan diminta untuk mencopot kalungnya.


HMI adalah organisasi pengkaderan berbasis Islam dengan ratusan anggota di berbagai wilayah, apa yang dilakukan oleh pengurus yang mengenakan simbol agama lain tentu menjadi pertanyaan besar. 


H. Aceng Roni, Ketua Umum HMI cabang Bandung 2001-2002, menunjukkan dalam video tersebut bahwa betul yang dipakai oleh pengurus tersebut kalung dengan liontin salib. Kalung tersebut tidak jelas apakah sebagai simbol agama atau sebatas aksesoris saja.


Aceng Roni sebagaimana dikutip Gentanews.id menyatakan dengan kejadian ini perlu adanya evaluasi dalam pola pengkaderan. Bagaimanapun simbol yang digunakan tersebut terkait dengan agama tertentu diluar dari basis pengkaderan HMI.


Iya menyatakan bahwa ia sengaja meminta melepas kalung tersebut dan meminta klarifikasi terhadap yang bersangkutan.


Tujuannya tidak lain agar pengkaderan yang dilakukan oleh HMI cabang Bandung tidak melenceng dari nilai-nilai dasar perjuangan HMI atau NDP. (Pche)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close