Notification

×

Iklan

Iklan

Prabowo Direncanakan akan bertemu Xin Jinping di China Senin Sore

01 April 2024


 



Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Presiden China Xin Jinping untuk memperkuat hubungan bilateral. Pertemuan itu akan dilakukan pada hari Senin Sore.



Sebuah siaran pers resmi dari Kementerian Pertahanan menyatakan bahwa Prabowo telah berada di China sejak hari Minggu (31/3). Beberapa pejabat, termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Sun Weidong, Duta Besar China di Jakarta Lu Kang, dan Athan RI di Beijing Brigjen TNI (Mar) Benny Poltak, menyambut kedatangannya.


Saat dihubungi di Jakarta, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI, menjelaskan bahwa kunjungan Menhan ke China bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan China, terutama di bidang pertahanan.


Edwin Adrian Sumantha menyatakan, "Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara untuk memperkuat dialog dan kerja sama strategis, yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional."




Prabowo juga dijadwalkan bertemu dengan Laksamana Dong Jun, Perdana Menteri China dan Menteri Pertahanan China, Selasa (2/4) setelah bertemu dengan Xin Jinping sore ini.


Prabowo akan membahas kerjasama pertahanan dan keamanan antara Indonesia dan China di pertemuan tersebut.


Sebelumnya, Xin Jinping sempat mengucapkan selamat kepada Prabowo karena telah terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia berdasarkan hasil hitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, menyampaikan ucapan itu melalui surat resmi pada hari Kamis (21/3) saat bertemu Prabowo Subianto di Kantor Kementerian Pertahanan RI.


“Saya ingin mengucapkan selamat dan harapan terbaik saya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Xi kepada Prabowo dalam surat tertanggal 20 Maret 2024, seperti dikutip dari ANTARA, Senin (1/4/2024).


Dalam suratnya, Xi menyatakan bahwa China dan Indonesia memiliki sejarah yang baik dalam upaya mempercepat perkembangan hubungan kedua negara.

“Saya siap bekerja sama dengan Anda untuk mengarahkan pembangunan komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama menuju kemajuan yang lebih besar,” kata Xi, menegaskan bahwa hubungan China dan Indonesia sangat penting.


Dalam suratnya, Xi berharap Prabowo Subianto dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat Indonesia ketika dia resmi menjabat presiden. Dia juga berharap hubungan tersebut akan tetap terjaga setelah Prabowo menjabat.

“Semoga negara Anda menikmati kemakmuran dan rakyatnya berbahagia,” kata Xi. (*)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close