Notification

×

Iklan

Iklan

Daftar Pantai Terdekat yang Lagi Hits di Banyuwangi

14 April 2024


 


Daftar Pantai Terdekat yang Lagi Hits di Banyuwangi. Ketika Anda berada di Banyuwangi, Jawa Timur, pantai Banyuwangi adalah salah satu tempat wisata alam yang harus Anda kunjungi. Di Banyuwangi, ada banyak pantai yang menawarkan wisata bahari, pemandangan alam yang menakjubkan, dan kesempatan untuk menikmati liburan yang berkesan bersama orang-orang yang Anda sayangi.

 

Banyuwangi masih memiliki nuansa magis, yang membuatnya menjadi kota yang populer. Pengunjung yang sering ke Bali biasanya akan melewati kota budaya ini. Kota Banyuwangi memiliki banyak tempat menarik baik untuk penduduk lokal maupun turis asing. Wisata laut Banyuwangi tidak kalah indahnya dibandingkan dengan wisata lain di kota paling timur pulau Jawa.


 
Daftar lengkap tempat wisata di Banyuwangi. Berikut ini merupakan beberapa informasi terkait dengan wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi, khususnya informasi pantai.



1. Pantai Dodol Beach

Sunset di Pantai Grand Watu Dodol. Lokasi: Gumukremuk, Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi

Pantai Watu Dodol sangat ramai karena berada di jalur Pantura dan mudah diakses dari Pelabuhan Ketapang. Banyak pengunjung memilih untuk mengunjungi pantai sebelum menyebrang pulau karena jarak sekitar dua kilometer menuju pelabuhan Ketapang.

Pemandangan alam khas pantai watudodol adalah salah satu hal yang menarik. Bongkahan batu besar di pantai ini memiliki tinggi 10 meter dan diameter 15 meter. Sepertinya ada banyak upaya yang telah dilakukan untuk memindahkan batu besar tersebut, tetapi ia masih berada di tempatnya saat ini.



Pantai Watudodol tidak hanya memiliki batu besar yang indah, tetapi juga memiliki pemandangan pantai yang biru, yang cocok untuk mereka yang ingin mengambil foto dengan orang tersayang atau untuk selfie.


2. Pantai Plengkung

Sebagai ombak terbaik kedua di dunia, Pantai Plengkung selalu menjadi incaran para peselancar internasional.

Situs: Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Selain Pantai Pulau Merah, yang sangat disukai oleh peselancar Banyuwangi, ada juga Pantai Plengkung. Pantai ini juga disebut sebagai Wonder of Seven Giant Waves atau G-Land. Para peselancar internasional menyebut pantai Plengkung memiliki tujuh gulungan ombak yang bisa mencapai ketinggian enam meter.

Namun, tidak semua orang yang suka berselancar pergi ke pantai Banyuwangi. Banyak pengunjung hanya datang untuk menikmati birunya laut, lembutnya Pasir Putih, dan pemandangan alam yang memukau. untuk membuat pikiran menjadi segar kembali. Kamu dapat mengunjungi pantai sendiri atau bersama rombongan untuk menikmati keindahan pantai.


3. Pantai Teluk Berwarna Hijau

Pantai Teluk Ijo memiliki pasir putih yang bersih dan juga memiliki air terjun tersembunyi.

Lokasi: Krajan, Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Pantai dengan air laut biru kehijauan ini juga disebut Green Bay. Wisatawan suka pantai Teluk Hijau karena keindahan alamnya yang luar biasa, terutama pada siang hari. Air laut di Teluk Hijau pada saat itu tampak berkilau karena cahaya matahari.

Selain itu, pantai Sarongan memiliki Wisata Air Terjun di mana pengunjung dapat membilas diri setelah berenang. Taman Nasional Meru Betiri masih merupakan bagian dari Teluk Hijau.

Teluk ini memiliki batu karang pantai yang dipilih masyarakat untuk lokasi foto Instagramable. Bermain bersama ikan, melihat terumbu karang di dasar laut, atau snorkeling adalah beberapa pilihan berlibur lainnya.

Baca Juga: Pantai Primodana, Pantai Pulau Merah, dan Pantai Pemburu Sunset Mempesona


4. Pantai Red Beach

Pantai ini, yang memiliki pulau di tengahnya, memiliki pasir putih yang bersih dan banyak atraksi air.

Situsnya adalah Pancer di Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu tempat terbaik untuk mengunjungi di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Dijamin sangat rugi jika Anda tiba di Banyuwangi dan melewatkan tempat wisata ini.

Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah cukup murah, Rp8.000 per pengunjung, dan Anda harus membayar biaya parkir kendaraan. Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Pengelola akan membebankan biaya parkir kendaraan bermotor sebesar Rp2.000, sedangkan kendaraan roda empat akan dikenakan biaya Rp5.000.

Di sekitar pantai, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, seperti surfing, snorkeling, makan, pergi ke pura, naik perahu, memancing, atau berkeliling ke bukit merah. Karena ombaknya yang tinggi, Pantai Pulau Merah adalah tempat terbaik untuk berselancar.

Pasir Putih pantai ini juga sepanjang 3 km, dan ada bukit bertanah merah di tengah laut. Bukit ini tidak jauh dan cukup dekat dengan bibir pantai sehingga orang dapat berjalan kaki ke sana ketika air laut surut.

Nama Pantai Pulau Merah berasal dari perubahan warna pasir saat sore menjadi merah. Pengaruh air dan sinar matahari tenggelam mengubah warna. Para pengunjung biasanya melakukan banyak hal selain berselancar atau menikmati pemandangan matahari tenggelam. Anda juga dapat menikmati aktivitas menyenangkan seperti snorkeling, makan siang, dan berkunjung ke pura.

Jika Anda bepergian dari Jakarta ke Pantai Pulau Merah, Anda harus pergi ke Banyuwangi dengan bus atau mobil. Dari pusat Kabupaten Banyuwangi ke Pantai Banyuwangi berjarak 70 kilometer. Setelah sampai di pusat kota, Anda harus pergi ke Srono, Kesilir, dan akhirnya ke Pulau Merah.


5. Pantai dengan Trianggulasi

Pantai Triangulasi, yang masih berada di Taman Nasional Alas Purwo, sangat disukai karena air lautnya yang jernih.

Lokasi: Kaliagung, Kendalrejo, Tegaldlimo, Banyuwangi

Pantai Trianggulasi adalah tempat terbaik untuk pergi ke Banyuwangi yang tenang. Pantai dengan pasir putih dan laut biru yang jernih masih jarang dilihat wisatawan karena berada di Taman Nasional Alas Purwo.

Anda dapat menghabiskan waktu di sana untuk menenangkan diri dan menghindari hiruk pikuk kota. Anda juga dapat bersantai atau berjemur untuk membuat pikiran lebih segar.


6. Beach Sukamade

Meskipun harus melewati perjalanan yang panjang untuk mencapai Pantai Sukomade, perjalanan yang panjang itu sepadan dengan keindahan pantainya.

Situs: Sukamande, Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Pantai Sukamade harus dikunjungi karena banyaknya penyu yang datang ke daratan untuk bertelur. Pengunjung pantai ini, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri, dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti melepas penyu ke laut secara bersamaan.

Anda dapat menikmati indahnya pantai Sukamade selain melepas penyu ke laut untuk mengambil foto.


7. Pantai Rajegwesi, Indonesia

Pantai Rajegwesi, Indonesia
Pantai Teluk Ijo dan Sukomade masih merupakan satu garis pantai dengan Pantai Rajegwesi.

Situs: Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Pantai Rajegwesi adalah salah satu pantai terbaik di Banyuwangi. Harga tiket masuk pantai hanya Rp7.500 dan dapat diakses setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Anda harus menempuh 82,7 km dari pusat Kota Banyuwangi ke lokasi, yang memakan waktu sekitar 2 jam 20 menit. Wisata kuliner bukan satu-satunya pilihan; Anda juga dapat melakukan aktivitas tambahan seperti snorkeling atau menginap di salah satu penginapan.

Pantai Rajegwesi adalah teluk yang menghubungkan Teluk Hijau dan Sukamade. Pengunjung dari pusat kota dapat pergi ke Jajag sebelum tiba di Rajegwesi. Pantai ini biasanya menarik pengunjung dengan keluarga karena ombak yang tenang dan aman bagi anak-anak.

Pantai Rajegwesi sangat bagus untuk kegiatan seru seperti snorkeling karena memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa. Tidak perlu khawatir karena pengunjung dapat berenang dengan aman, terutama karena ada batu karang tinggi yang berfungsi untuk mencegah ombak besar.

Jika Anda ingin pergi ke Teluk Hijau, Anda bisa naik perahu atau melintasi jalan trekking. Anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan luar biasa yang akan membuat Anda terheran-heran.

8. Beach Boom

Pantai tengah kota ini, yang tidak kalah indahnya dari pantai lainnya, sering menjadi tempat orang berjalan-jalan sore.

Lokasi: Kampung Mandar di Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

Jangan lupa untuk naik sepeda atau berjalan kaki ke pantai Boom saat berada di alun-alun Blambangan. Pasir hitam yang khas pantai ini memungkinkan Anda melihat Bali dari jauh.

Baca juga: Pantai Marina Boom: Tempat Menarik untuk Nongkrong di Pusat Kota Banyuwangi

Pantai Banyuwangi buka setiap hari dan tersedia mulai pukul 5 pagi hingga 9 malam. Tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Perjalanan dari Banyuwangi hanya membutuhkan 9 menit, dan ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan. Pertunjukan tari Gandrung, berfoto ria di jembatan, dan pengalaman menunggang kuda adalah beberapa pilihan lainnya. Bahkan di sekitar pantai terdapat gedung tua yang berasal dari Belanda dan dianggap bersejarah oleh masyarakat lokal.

Jika Anda berkunjung ke pantai pada waktu yang tepat, biasanya Anda akan dapat menyaksikan perayaan besar seperti Tari Gandrung yang dilakukan oleh 1000 penari atau Festival Jazz Banyuwangi.


9. Pantai Pancur, Inggris

Itu bersih dan cantik, bukan? Pasir putihnya yang bersih dan halus adalah ciri khas pantai ini.

Lokasi: Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi

Pantai Pancur adalah wisata bahari lain yang tidak terlalu ramai seperti Pantai Trianggulasi. Pantai Banyuwangi ini, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo, menawarkan hamparan Pasir Putih. Air laut di pantai ini jernih dan biru. Pantai Pancur juga dikelola karena potensi wisatanya, dengan menyediakan kamar mandi, mushola, dan kantin.

Ketika Anda pergi ke pantai Pancur, Anda juga dapat melihat gua yang dianggap sakral oleh penduduk lokal, yang dikenal sebagai gua istana dan sendang srengenge. Masyarakat sering melakukan beberapa ritual, terutama bagi orang Hindu Bali saat beribadah. Selain itu, ada kelompok orang yang melakukan semedi di gua tersebut.

10: Beach Wedi Ireng
Pantai Wedi Ireng di Banyuwangi, Jawa Timur
Pantai yang memiliki pasir yang luar biasa! Jika dilihat dari luar, pantai ini terlihat seperti pasir putih; namun, jika Anda menggali lebih dalam, pasirnya akan menjadi pasir hitam.

Situs: Pancer, Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Salah satu pantai di Banyuwangi adalah Wedi Ireng. Karena banyaknya tebing yang mengelilinginya, pantai Wedi Ireng sering disebut sebagai replika Raja Ampat. Pantai tersebut juga hanya 4 km dari Pantai Merah.

 

11. Pantai dengan Parang Kursi


Situs: Pesanggaran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi

Karena banyaknya karang besar yang menyerupai kursi, pantai ini disebut sebagai "pantai parang kursi", dan karena akses yang kurang dan bahkan sulit untuk dilalui, tempat wisata ini masih terlihat sepi. Meskipun demikian, ketika Anda tiba di pantai ini, semua perjuangan seperti terbayarkan karena air laut biru yang jernih dikombinasikan dengan pasir pantai yang merah muda.

Anda akan menemukan banyak batu karang hijau yang bagus untuk foto. Pantai Parang Kursi masih sedikit pengunjung, jadi cocok untuk mereka yang ingin bersantai dan menikmati alamnya.


12. Pantai Ngeleng

Pantai yang ada di Banyuwangi
Pantai Ngagelan adalah tempat terbaik untuk melihat penyu di Banyuwangi. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat banyak jenis penyu di tempat ini.

Situs: Gladak Kembar, Purwoagung, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi

Pantai Banyuwangi ini sangat mirip dengan pantai Sukamade. Anda dapat melihat berbagai jenis penyu bertelur di malam hari di pantai ini. Anda juga dapat melakukan olahraga melepaskan penyu menetas ke arah laut. Empat jenis penyu—lekan, belimbing, hijau, dan sisik—bisa dilihat di pantai jika Anda beruntung. Sangat disarankan untuk mengunjungi pantai Banyuwangi ini pada bulan Mei jika Anda ingin menyaksikan proses melepaskannya. 



13. Beach Cacalan

Pantai Cacalan yang terletak di Banyuwangi
Sekarang, Pantai Cacalan memiliki banyak atraksi wisata yang bisa Anda coba selain bersantai di tepi pantai, seperti bermain kano.

Situs: Sukowidi Village, Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi

Pantai Cacalan buka setiap hari dari pukul 7 pagi hingga 10 malam. Para pengunjung hanya perlu membayar Rp2.000 untuk parkir mobil roda dua atau Rp5.000 untuk parkir mobil roda empat. Perahu kano harus disewa terlebih dahulu, dan biayanya adalah Rp20.000 per pengunjung.

Jika Anda saat ini berada di tengah kota Banyuwangi, Anda hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai ke lokasi. Pantai Cacalan memiliki pemandangan matahari terbit yang indah, yang merupakan salah satu alasan mengapa banyak pengunjung memilihnya sebagai salah satu pantai terbaik di Banyuwangi.

Ada ayunan di pinggir pantai yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung saat mereka tiba di lokasi. Jika Anda ingin berlibur dengan pemandangan pantai yang berbeda, Anda dapat mencoba menunggang kuda sewa yang tersedia di komunitas sekitar. Kamu juga bisa menyewa perahu Kano dan menikmati pemandangan pantai. Pantai Cacalan adalah tempat terbaik untuk melihat Selat Bali yang indah.


14. Beach Bangsring

Pantai Bangsring yang terletak di Banyuwangi
Pantai Bangsring yang terkenal dengan rumah apungnya di tengah laut

Lokasi: Desa Bangsring di Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Pantai Bangsring adalah salah satu pantai Banyuwangi yang paling indah, dan para pengunjung dapat menikmati indahnya. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, sebesar Rp2.000 per orang, dan Anda dapat berkunjung dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Perjalanan sekitar empat puluh menit akan membawa Anda ke pusat kota Banyuwangi.

Penduduk yang ingin diving atau snorkeling sering memilih pantai ini karena pemandangan bawah laut yang indah. Area seluas dua belas hektar yang digunakan untuk konservasi terumbu karang bahkan memiliki pemandangan langsung dari Anda. Selain diving dan snorkeling, Anda juga dapat mengunjungi rumah apung Bangsring, yang memiliki banyak fasilitas seperti perahu banana boat Kano, kolam keramba, peralatan selam, dan toilet. Selain itu, ada pemandu yang siap membuat liburan Anda berkesan dengan memberi Anda kesempatan untuk berenang bersama hiu!


15. Pantai Cemara

Satu lagi pantai di tengah kota yang mudah diakses dan memiliki banyak restoran.
Lokasi: Pakis, Kecamatan Banyuwangi

Pantai Cemara adalah pantai berikutnya di Banyuwangi, yang hanya berjarak 18 menit dari pusat kota. Pantai ini buka setiap hari dari pukul enam pagi hingga pukul sembilan malam. Harga tiket masuk relatif murah, berkisar antara Rp2.000 dan Rp5.000. Dengan 19.000 pohon cemara, Pantai Cemara menghadap Selat Bali. Selain jenis cemara udang, cemara laut juga tumbuh subur di sekitar pantai. Pantai Cemara terkenal karena kebersihannya. Pantai Cemara terbagi menjadi dua wilayah meskipun pasirnya berwarna hitam. Area pertama digunakan untuk pengunjung dan area inti digunakan untuk bertelur penyu.

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung di lokasi wisata alam ini adalah piknik bersama keluarga dengan menikmati pemandangan pantai. Tidak masalah jika Anda tidak membawa tikar, karena banyak warga menyewakan tikar untuk pengunjung.

Selain itu, kamu bisa berkemah di pantai bersama teman atau keluarga. Terdapat area yang luas yang dapat digunakan untuk tenda dan api unggun di malam hari. Hotel Santika adalah jalan langsung menuju Pantai Cemara. Cobalah masuk ke gang di pinggirnya setelah itu. Perjalanan berlanjut sampai lurus ke arah timur. Untuk sampai ke Pantai Cemara, Anda harus pergi ke pertigaan dan ikuti papan penunjuk jalan.


Itulah beberapa pantai Banyuwangi yang harus Anda kunjungi, mulai dari yang paling terkenal hingga yang paling tidak terkenal. Pantai Grand Watudodol, Pantai Mustika, dan Pantai Blimbingsari adalah pilihan pantai lainnya. (*)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close