Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

PGN dan Conrad Energy Melakukan Peninjauan Potensi Pasokan Gas Bumi Domestik Aceh

01 Maret 2024


 



Jakarta, zonamerdeka.com —PT PGN Tbk, subholding gas Pertamina, dan Conrad Energy Asia Ltd. berkomitmen untuk menyediakan pasokan gas dan LNG serta pengembangan infrastruktur gas dan LNG. Potensi ini terletak di tepi laut Wilayah Aceh dan saat ini sedang diselidiki.

Di Kantor PGN di Jakarta, Kamis (29/2/2024), Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari dan Managing Director & CEO Conrad Miltos Xynogalas menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) yang menunjukkan kerja sama antara PGN dan Conrad.

Kepala DPMPTSM Aceh Marthunis, mewakili Pj Gubernur Aceh, menyatakan bahwa kerjasama antara PGN dan Conrad ini merupakan langkah penting dalam pengembangan lapangan migas di Aceh. Di bagian barat Aceh, pemanfaatan migas dapat berkembang menjadi salah satu kekuatan ekonomi lokal.

Selama ini, PGN terletak di wilayah timur Aceh, semoga dengan proyek ini, PGN akan meninggalkan bekas di wilayah barat Aceh. Marthunis menyatakan, "Kami dari pemerintah akan mengawasi ini, memfasilitasi setiap prosesnya, dan memastikan bahwa dukungan masyarakat juga akan diberikan" (29/2).

Rosa Permata Sari, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, mengatakan, "Kerjasama ini akan sangat penting bagi kami untuk menjaga ketahanan pasokan gas bumi di berbagai sektor pelanggan. Dengan lokasi potensi sumber gas dari Aceh, kerjasama ini akan memanfaatkan pasokan gas dari dalam negeri untuk berbagai kebutuhan ke depan."

Rosa berharap kolaborasi ini berjalan lancar dan menyeluruh untuk mencapai kerja sama komersialisasi gas bumi. Dengan demikian, pasokan gas bumi PGN dapat dipertahankan sekaligus ikut memainkan peran dalam mengisi celah antara sumber pasokan gas domestik dan konsumen-konsumen gas bumi di berbagai daerah.

Kami sangat senang dengan kesepakatan dengan Conrad sehingga kami dapat melanjutkan dengan rencana implementasi. Rosa menyatakan bahwa gas memiliki peran penting ke depan, dengan target pemerintah terkait Net Zero Emissions di 2060, dengan dukungan yang besar dari Pemerintah Aceh.

Conrad Miltos Xynogalas, Managing Director & CEO, mengatakan bahwa kerja sama dengan PGN sangat penting untuk dapat menyalurkan gas bumi ke pasar dengan tepat. Dia berharap bahwa dengan teknologi yang kami miliki, kami dapat memonetisasi gas maupun LNG bersama PGN ke pasar. Selain itu, Miltos menyatakan, "Kami berkomitmen untuk menyalurkan energi yang lebih bersih karena kami percaya bahwa gas merupakan energi fosil yang paling bersih dan dapat memainkan peran penting dalam mencapai Net Zero Emissions."

Rosa menyatakan bahwa kerja sama ini tidak terbatas pada pemenuhan kebutuhan gas, tetapi juga dapat mencakup pengembangan infrastruktur gas pipa maupun LNG serta kegiatan pemeliharaan fasilitas gas. Karena nilai kerja sama ini bagi PGN, dukungan dari pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Aceh, sangat penting, dan kami sangat berterima kasih telah dibuka pintu di Aceh. (md1)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close