Notification

×

Iklan

Iklan

Pesona Pantai Pulau Merah, Asik Dikunjungi Saat di Banyuwangi

09 Maret 2024


 

Wisata Pantai Pulau Merah (foto google map)

Banyuwangi merupakan kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Sebutan lain bagi Kabupaten ini adalah "Sunrise of Java", sebutan itu karena Banyuwangi tempat matahari terbit sebelum menyinari kota lain di pulau Jawa. 


Banyuwangi terkenal karena banyaknya tempat wisata di tengah kota. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa semakin terkenal berkat taman nasional, gunung, dan pantai yang menakjubkan. Ada banyak pantai yang menarik di bagian selatan kabupaten ini. Pulau Merah adalah salah satunya.  


Tak lengkap jika berkunjung ke banyuwangi belum mampir di Pantai Pulau Merah. Hamparan Pantai Pulau Merah di Banyuwangi memiliki tanah berwarna merah karena bukit kecil yang merupakan bagian dari pulau.



Salah satu tempat wisata alam terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah, juga dikenal sebagai Pulo Merah atau Pulau Merah. Pantai yang indah ini memiliki sesuatu yang istimewa dan berwarna merah. Jika air laut surut, Anda dapat mengunjungi bukit kecil yang hijau diseberang pantai.


Masyarakat lokal menyebut bukit kecil dengan ketinggian 200 meter yang disebut "Pulo Merah" karena tanahnya berwarna merah dan hampir seluruh permukaannya ditutupi oleh vegetasi hijau, sehingga dari kejauhan terlihat seperti bukit hijau.


Pura Tawang Alun Pulau Merah adalah tempat orang-orang Hindu Banyuwangi beribadah di tepi pantai Pulau Merah. Setiap tahun menjelang Hari Raya Nyepi, umat Hindu setempat melakukan upacara Melasti, di mana mereka melakukan arak-arakan di tepi Pantai Pulau Merah. Pura Tawang Alun Pulau Merah dikenal karena upacara ini. 


Salah Satu Pantai Terbaik Banyuwangi adalah Pulau Merah.


Banyuwangi telah menjadi kota wisata alam yang terkenal karena potensi wisata alamnya, termasuk pantai dan pulau-pulaunya. Sebut saja Teluk Hijau (Green Bay), Pantai Plengkung, G-Land, dan Pulau Tabuhan. Pantai Pulau Merah kini menjadi favorit para pencinta pantai, laut, dan senja karena unik dan berbeda dari pantai dan pulau lainnya di Banyuwangi.

Fakta-fakta Penting Tentang Pantai Pulau Merah


Setelah berkembangnya wisata pantai, namanya diubah menjadi Pantai Pulau Merah. Pada tahun 1994, Pulau Merah mengalami kerusakan parah karena diterjang gelombang besar Tsunami. Pada akhir tahun 2012, Pulau Merah menjadi lokasi balap sepeda Banyuwangi Tour De Ijen yang memperkenalkannya kepada dunia selancar. Pada tahun 2013, Pulau Merah juga menjadi tuan rumah kompetisi selancar internasional Banyuwangi International Surf Competition.


Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke Pantai Pulau Merah, Anda harus menempuh sekitar 69 kilometer dari pusat kota kabupaten Banyuwangi. Anda harus pergi ke Srono, lalu ke Kesilir, dan akhirnya tiba di Pulau Merah.


Meskipun rute akan menuju jalan desa dan banyak belokan, perjalanan menuju lokasi Pantai Merah cukup mudah karena sangat dikenal dan banyak papan penunjuk jalan yang menunjuk ke sana.


Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, Anda dapat mulai dari Terminal Banyuwangi dan naik bis jurusan Pesanggaran. Jika Anda sudah sampai di sana, Anda dapat menggunakan ojek karena tidak terlalu jauh. Jika Anda menggunakan transportasi umum dari arah Jember, turunlah di Terminal Jajag untuk ganti bis menuju Pesanggaran.


Harga Tarif Wisata Pantai Pulau Merah

Salah satu aktivitas yang paling dicari di Pantai Pulau Merah adalah Wista. Buka setiap hari Senin hingga Minggu dari pukul 07.00 hingga 17.00. Tiket masuk HTM seharga Rp. 8000 per orang, dan parkir mobil dan motor seharga Rp. 2.000.

Dengan tema wisata bahari, Pantai Pulau Merah menawarkan banyak pilihan aktivitas yang dapat Anda lakukan, mulai dari bersantai di pantai dan menikmati makanan khas Jawa Timurnya hingga melakukan berbagai aktivitas yang menantang dan menguras tenaga.


 

Pasir pantai Pulau Merah halus dan lembut, bersih dari sampah, nyaman untuk arena bermain anak-anak, membangun istana pasir, berjalan-jalan, dan berpiknik, dan pastinya paling cocok untuk acara foto ria karena tidak terkontaminasi karang.

Pengunjung Pantai Pulau Merah dapat menyewa tikar di pengelola atau warung-warung di sekitarnya jika mereka datang dalam jumlah besar dan tidak membawa tikar sendiri. Selain itu, kursi pantai tersedia untuk disewa untuk berteduh atau berjemur.
#2 Berenang di Pantai

Di pantai Pulau Merah, Anda tidak hanya dapat bermain air dan pasir, tetapi berenang hanya diperbolehkan jika air laut tenang dan tanpa ombak untuk saling menjaga keamanan. Menara pengawas pantai membuat pengunjung tidak perlu khawatir tentang keamanan. Menara pantai ini memiliki tinggi sekitar lima meter dan menawarkan banyak aktivitas wisata bahari di Pantai Pulau Merah, seperti Berjalan Keliling Bukit Pulau atau Pantai Merah.

Aktivitas di pantai Pulau Merah juga menarik; Anda bisa menyusui sepanjang pantai. Jika cuaca sedang surut, Anda juga bisa pergi ke bukit kecil Pulau Merah dengan jalan kaki. Jarak antara bukit dan pinggir pantai hanya 100 meter.


 
#4# Berenang

Ternyata, saat berada di Kabupaten Banyuwangi, Pantai Pulau Merah juga menjadi tempat favorit para peselancar. Pantai Pulau Merah ini bahkan pernah menjadi tempat pertandingan selancar internasional. Pulau Merah memiliki ombak rata-rata 2-4 meter, tetapi Pulau Plengkung memiliki ombak hingga 6 meter, yang membuatnya cocok untuk peselancar pemula. Wisatawan yang baru mencoba atau ingin belajar surfing juga akan menyukai Pantai Red Island. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki papan selancar sendiri; ada banyak tempat di sekitar Anda untuk menyewakannya dengan harga sekitar Rp 50.000.


Kami menawarkan opsi menarik bagi pengunjung yang tidak berasal dari Banyuwangi atau Jawa Timur. Sangat disayangkan jika Anda harus pergi jauh ke Banyuwangi hanya untuk mendapatkan pengalaman di satu lokasi atau destinasi. Biaya perjalanan pasti besar jika Anda berangkat sendiri atau berdua dengan pasangan.


Solusinya adalah dengan mengikuti aktivitas bersama dalam paket Open Trip Explore Banyuwangi yang dilakukan setiap hari tanpa memerlukan pemesanan minimal dua orang. Cobalah paketnya sekarang dan nikmati petualangan kecil selama berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 


Rute Menuju Pulau Merah dari Banyuwangi kota. Lama perjalanan kurang lebih 2 jam 11 menit dengan mengendarai mobil.







ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close