Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Warga Suku Kei di Asmat Siap Menangkan Thomas Safanpo Sebagai Bupati Asmat Pada Pilkada 2024

20 Oktober 2023

 


Asmat, zonamerdeka.com - Warga masyarakat suku Kei, baik pendatang maupun lahir besar di Asmat, secara khusus yang berdomisili di Bintang laut dan sekitarnya menyatakan sikap mendukung Thomas Eppe Safanpo (TES) sebagai Calon Bupati Asmat periode 2024-2028. 


Pernyataan sikap serta deklarasi dukungan terhadap TES ini dilakukan bersamaan dengan peresmian Posko Pemenangan TES wilayah Bintang Laut, Agats, Kamis (19/10/2023). 





Pantauan media ini di lokasi, relawan TES Bintang Laut dan keluarga besar 'El Bulil' Kei dan sesepuh menjemput Thomas bersama Istri Ny. Meing Thera Safanpo di perempatan jl. Bintang Laut dengan tarian khas suku Kei. Kemudian TES bersama istri diarak ratusan relawan yang terdiri warga Kei dan orang Asmat setempat menuju Posko yang akan diresmikan. 


Sebelum resmikan Posko, TES bersama istri diterima secara adat Kei. Prosesi dan ritual adat tersebut dilakukan saat penjemputan dan sebelum menggunting pita ketika hendak memasuki Posko.


Thomas Safanpo pada kesempatan tersebut mengaku berterima kasih karena diberikan kehormatan oleh warga suku Kei Bintang Laut, dimana ikat kepala yang dominan warna merah simbol keberanian orang Kei disematkan di kepalanya untuk siap "berperang" melawan musuh. 


"Saya diberikan penyematan tanda merah ini. Bapa Frans bilang ini tanda perang. Simbol keberanian," ujar Thomas di hadapan para relawan dan sejumlah tokoh sentral partai PDI Perjuangan yang turut hadir dalam peresmian Posko Pemenangan TES Bintang Laut ini. 


Pernyataan sikap dukungan terhadap TES oleh warga Suku Kei Bintang Laut Agats pada kesempatan tersebut senantiasa karena karir dan pengalamannya yang telah teruji baik di legislatif maupun pemerintahan selama dua periode. 


"Kami mendukung penuh Bapak TES sebagai Calon Bupati Asmat Periode 2024-2029 karena teruji dan berpengalaman menjadi DPR dan Wakil Bupati Asmat selama dua periode," ucap perwakilan warga Kei Agats dalam pernyataan sikap dukungan terhadap TES.


Sementara itu, ketua rumpun keluarga Besar "El Bulil" Kei Asmat Fransiskus H. mengatakan dukungan penuh warga Kei kepada TES bermula dari inisiasi anak-anak muda yang terorganisir dengan baik oleh Ketua Relawan TES Kabupaten Asmat Donatus Pombai. 

Karena itu, ia mengajak para keluarga suku Kei di Kabupaten Asmat untuk bersatu mendukung dan memenangkan Thomas pada Pilkada 2024 mendatang.


"Kami sampaikan terima kasih kepada ketua Relawan TES Kabupaten Asmat Bapak Donatus Pombai yang bersama-sama kami membangun Posko ini," katanya.


Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua Suku Kei Kabupaten Asmat Yanuarius Siloeboen yang juga merupakan Anggota DPRD Fraksi Golkar Kabupaten Asmat dan sejumlah Anggota DPRD Asmat dari Fraksi PDI Perjuangan.

(Jef)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


Memuat...
close