Notification

×

Iklan

Iklan

Kepala Dinas DP3AP2KB Aceh Singkil, Terjun Langsung Galakkan Pelatihan Cara Memasak Makanan Bergizi Dahsyat

07 Oktober 2023


 


ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Aceh Singkil 


Gelar sosialisasi pencegahan Stunting dan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) pelatihan masak-memasak kepada ibu-ibu rumah tangga di Kampung atau Desa Lae Butar Kecamatan Gunung Meriah.


Kegiatan sosialisasi pencegahan Stunting  dan pelatihan masak-memasak kepada ibu-ibu IRT tersebut, diadakan di Kantor Desa Lae Butar, Kecamatan Gunung Meriah, pada hari Jum'at, (07/10/23)


Kepala Dinas (DP3AP2KB) Kabupaten Aceh Singkil, Hj.Rumadan, SH Mengatakan, Kegiatan ini, adalah pelatihan memasak kepada ibu-ibu IRT, tentang bagaimana cara untuk memasak menu makanan bergizi.


Kegiatan tersebut kita namai, Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT) dan sekaligus sosialisasi pencegahan Stunting, Keluarga Berencana (KB) kepada ibu-ibu rumah tangga." Sebut, Hj. Rumadhan.


Hal ini dilakukan, sebagai upaya kita, untuk melakukan pencegahan dan mengantisipasi penuruan Stunting, melalui kegiatan DAHSAT ini." Ujar, Rumadhan.


Dahsat ini sendiri adalah sebuah inovasi dari Dinas (DP3AP2KB) Kabupaten Aceh Singkil, yang kegunaanya untuk melatih para kader kita dan Ibu-Ibu IRT, bagaimana cara memasak makanan bergizi." Ungkap, Hj. Rumadhan.


Sementara, adapun peserta Dahsat pada hari ini kita lakukan kepada ibu-ibu dari anak-anak yang berisiko Stunting, yang diikuti 27 orang anak, beserta Ibu-ibu IRT." Pungkasnya.


Dilain sisi, Kepala Desa Lae Butar, Zulkarnain Bancin, S.sos Mengatakan, Bahwa ia sangat mendukung dan ikut mensuport salah satu Program Pemerintah Pusat ini.


Semoga melalui kegiatan pelatihan inovasi DAHSAT ini, nantinya angka Stunting di Desa Lae Butar dapat menurun perlahan-lahan." Ucap, Zulkarnain.


Ia menambahkan, Untuk peserta Dahsat ini sendiri, adalah ibu-ibu rumah tangga, yang anaknya bergejala Stunting.


Selain itu, Program Dahsat ini, menurut saya sangatlah bagus, karena ini langsung dari Dinas yang melatih dan sekaligus merasa bersyukur, karena adanya kegiatan itu di Desanya." Terang, Zulkarnain.


Diketahui, Sosialisasi Pencegahan Stunting dan inovasi Dahsat itu, turut dihadiri oleh,Yakni, Kordinator KB wilayah Kecamatan Gunung Meriah, Hj. Asmidar.


Pemateri, dari Dinas (DP3AP2KB) Kabupaten Aceh Singkil, Kabid KS, Eva dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia Cabang Singkil, Heri Purwanto dan Amirudin Anton Pohan. (Sakdam Husen)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close