Notification

×

Iklan

Iklan

Ujug-ujug Papan Proyek P3-TGAI di Sumber Jeruk Jember Terpasang Setelah Ramai Diberitakan Media

03 Juni 2023


 



Jember, zonamerdeka.com - Ujug-ujug papan proyek dipasang di dekat bangunan irigasi. Dari keterangan di papan tersebut dijelaskan terkait program P3-TGAI. Proyek yang berada di Desa Sumberjeruk Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember menelan dana Rp 195.000.000 tahun anggaran 2023. HIPPA Tirto Asri Sumber Jeruk.


Sehari sebelumnya masih tanpa papan nama. Pelaksana terkesan kucing-kucingan.


Proyek yang berada di daerah Irigasi Kembar tersebut dengan nomor PKS: HK.02.1.Am.09.03/369/P3-TGA/IV/2023.


Proyek pekerjaan fisik saluran irigasi pertanian di Desa Sumber Jeruk Kalisat, akhirnya papan nama kegiatan proyek terlihat terpasang di lokasi pekerjaan pada Kamis (2/6/2023).





Sebelumnya, pekerjaan fisik yang sudah berjalan satu bulan lamanya tersebut dianggap proyek siluman, pasalnya, tidak adanya papan proyek yang terpampang di lokasi pekerjaan. 


Dari pantauan awak media di lokasi pada Kamis pagi 2/6 terlihat papan nama kegiatan sudah terpasang di tepi jalan.


Diketahui bahwa proyek tersebut merupakan merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

 

Perlu diketahui, kewajiban memasang plang papan nama tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.


Proyek yang bersumber dari APBN tahun 2023 dengan anggaran Rp195 juta itu dilaksanakan oleh kelompok tani Hippa Tirto Asri Sumberjeruk. Jangka waktu 90 hari kalender berakhir 12 Juli 2023.


Data terhimpun bahwa kegiatan P3-TGAI dilaksanakan secara swakelola.


Seorang  pekerja di lokasi mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui pihak yang telah memasang papan proyek yang dimaksud.


"Saya tidak tahu siapa yang pasang papan nama itu pak. Saya masuk kerja terlihat sudah ada," ucap salah satu pekerja itu kepada media ini.


Sementara awak media belum berhasil melakukan konfirmasi dan klarifikasi ke pihak terkait.


Hingga berita ini diterbitkan media ini masih akan berupaya melakukan konfirmasi lanjutan perihal proyek tersebut. (ton/man)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close