Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Sawahlunto Dapat Penghargaan Dari Kemenkes RI

08 Juni 2023

 


Sawahlunto, zonamerdeka.com - Apresiasi Pada Komitmen Melarang Iklan Rokok di Luar Ruang, Kemenkes RI Beri Penghargaan Pastika Awya Pariwara Untuk Pemko Sawahlunto 


JAKARTA - Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan Pastika Awya Pariwara untuk Pemko Sawahlunto sebagai apresiasi atas komitmen menetapkan dan mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang pelarangan iklan rokok di luar ruang. 


Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, usai menerima penghargaan itu pada Kamis 08 Juni 2023 di Jakarta menyampaikan penghargaan tersebut merupakan wujud evaluasi dan apresiasi pemerintah pusat pada komitmen Pemko Sawahlunto dalam mencegah generasi muda terpapar iklan-iklan rokok. 


“Kita baru saja menerima penghargaan Pastika Awya Pariwara dari Kemenkes RI, diserahkan tadi dalam rangkaian Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) Tahun 2023. Tujuan utama kita dalam melarang iklan rokok adalah untuk menyelamatkan generasi penerus dari bahaya rokok, penghargaan sekarang menjadi bonusnya,” kata Wali Kota Deri. 


Wali Kota Deri Asta menjelaskan, komitmen Pemko Sawahlunto untuk Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan melarang iklan rokok itu dinyatakan dalam Perda dan Peraturan Wali Kota (Perwako). 


Menurut Wali Kota Deri, terutama untuk peraturan melarang iklan rokok memang bukan kebijakan yang berjalan lancar dan langsung bisa diterima semua pihak. 


“Awalnya memang ada beberapa pihak yang tidak setuju, karena mengakibatkan berkurangnya pendapatan  daerah yang berasal dari pajak  iklan-iklan rokok tersebut. Namun kita terus sosialisasikan bahwa lebih penting menyelamatkan generasi muda agar tidak terpengaruh iklan rokok tersebut,” kata Wali Kota Deri.  


Disampaikan Wali Kota Deri Asta,  komitmen mencegah munculnya iklan-iklan rokok di luar ruang itu sesuai dengan salah satu program unggulan Pemkot yaitu mendukung terciptanya generasi penerus yang sehat, cerdas, unggul dan berdaya saing. 


“Kita tidak ingin karena terpengaruh untuk merokok, potensi anak Sawahlunto menjadi anak yang sehat dan unggul itu terganggu," kata Wali Kota Deri(iz).





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close