Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Aceh Singkil Adakan Pelatihan Jurnalistik Terhadap Wartawan

07 Juni 2023


 

Foto Wartawan Senior Aceh, Yarmen Dinamika, Saat menyampaikan materi pelatihan jurnalistik didepan puluhan wartawan di Aula Sekdakab Aceh Singkil, Selasa (06/06/2023)

ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil melalui Prokopim Setdakab Aceh Singkil Membuat Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Jurnalistik kepada Insan Pers. Selasa, (06/06/2023) .


Pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan dengan suasana penuh keakraban itu digelar selama dua (2) hari.


Mulai dari tanggal 06 sampai dengan tanggal 07 Juni 2023 di Aula Sekdakab Aceh Singkil dan dibuka langsung oleh Pj. Bupati Kabupaten Aceh Singkil pada pukul 09:00 Wib.


Kemudian, Dalam Sambutannya, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil Marthunis Mengatakan pelatihan jurnalistik ini sangat penting buat sahabat rekan-rekan insan pers.


Ia Menyatakan, Bahwa suatu Daerah yang pesat kemajuannya." Pertama memiliki pemimpin yang kuat, Kedua punya kapasitas birokrasi berkualitas.


"Ketiga itu adanya kontrol publik yang kuat dari rekan - rekan dari wartawan semuanya.


Pj. Bupati Aceh Singkil, Marthunis Juga Menambahkan, Semoga melalui pelatihan jurnalistik hari ini, dapat terbangun sinergeritas dan kolaborasi antara Insan Pers dengan Pemkab Aceh Singkil kedepannya.


"Sehingga terwujudnya Pemerintahan yang bersih, akuntabel dan transparan," Sebut Pj. Bupati Marthunis


Disesi Lain, Pemateri Wartawan Senior, Yarmen Dinamika, Saat menyampaikan materinya.Ia Mengatakan, sebaiknya sebelum melakukan penulisan sebuah berita.


"Setiap wartawan itu di anjurkan memperhatikan struktur tubuh berita. Hal ini mungkin semua wartawan yang ada disini sudah mengetahui sebelumnya. 


Namun alangkah baiknya, kita mengkaji ulang kembali. Ia Menjelaskan, Dalam pratiknya struktur tubuh berita haruslah terdiri dari atas; 


Satu (1). Pentingnya memperhatikan "Judul Berita" Saat ditulis, harus menggunakan bahasa lugas. "Singkat, padat, menarik dan mencerminkan sebuah isi yang didalam berita.


Dua (2).Teras (lead) terdiri dari interolead (kalimat pembukaan) dan pesan pokok yang mengandung unsur kelengkapan berita.


Ketiga (3). Transisional, cara berpindah dari satu  paragraf ke paragraf lainnya.


Keempat (4). Pemaparan, penjelasan berita atau isi lengkap berita, ditulis lengkap sesingkat mungkin dan mudah dimengerti oleh pembaca khalayak umum.


Terakhir, Kelima (5) Penutup Berita, biasannya merupakan keterangan pelengkap yang tujuannya menambah kesan pembaca terhadap berita yang disajikan," Jelas Yarmen.


Perlu Diketahui, Pilihan menjadi seorang Jurnalis, baik media online, cetak, tv dan media radio adalah merupakan salah satu pilar penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah di era demokrasi saat ini. 


Oleh Sebab Itu, Jurnalis di setiap masa selalu akan dituntut memiliki strategi didalam saat peliputan.


"Diantaranya terkait identifikasi peristiwa di lapangan, koordinasi dengan tim kerja, cara pemilihan narasumber, memperjelas identitas diri.


Serta merencanakan, penyusunan pertanyaan, cara menganalisa berita dan memegang teguh kode etik jurnalistik ketika saat bertugas." Ungkap Yarmen 


Diketahui, Kegiatan Bimtek Pelatihan Jurnalistik terhadap puluhan wartawan hari ini, terselenggara atas gagasan Kabag Prokopim Setdakab Aceh Singkil, Abdul Rahman. (Sakdam Husen )





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close