Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Diklat Lanjutan KSR PMI Unit UIN KHAS Jember, Praktik Beri pertolongan Pertama pada Pingsan, Luka Bakar dan Syok

12 Juni 2023

 


Jember, zonamerdeka.com - KSR PMI Unit Universitas Islam Negeri KH Ahmad Shidiq (UIN KHAS) Jember menggelar Diklat lanjutan (Diktan) ke VIII. Diktan sebagai tindak lanjut dari Pendidikan Dasar (Diksar)  untuk menjadi anggota penuh KSR PMI Unit UIN KHAS Jember. 


Kegiatan Diktan sendiri terdiri dari opening, diklat ruang dan diklat lapang. Kegiatan ini mengambil tema membentuk anggota penuh  KSR PMI Unit UIN KHAS Jember yang paham organisasi dan berpegang pada pedoman kepalangmerahan. Kegiatan Diktan sendiri adalah program kerja dari P2SDM KSR PMI Unit UIN KHAS Jember.










 

Kegiatan diklat ruang pada Sabtu - Minggu tanggal 3 - 4 juni 2023  di gedung G02 dan Sema Syariah UIN KHAS Jember. Diklat ruang ini terdiri dari 7 materi. Yaitu materi publik speaking, manajemen waktu, problem solving, administrasi (sekertaris dan bendahara, leadership dan find your passion. Diklat lapang dilakukan pada hari sabtu tanggal 10 juni 2023 bertempat di pondok pesantren nurul islam jember. 


Diklat lapang sendiri adalah implementasi  dari materi-materi diklat ruang. Pada pelaksaan Diktan lapang, peserta diktan membentuk crew untuk kegiatan sosialisasi. Sosialisasi ini sendiri merupakan implementasi para peserta diktan dari materi-materi yang sudah mereka peroleh saat diklat ruang. Pembentukan crew sosialisasi ini diarahkan oleh crew diktan  dan pengurus KSR PMI Unit UIN KHAS Jember. 


Sosialisasi ini mengusung materi pertolongan pertama pada pingsan, luka bakar, dan syok. Acara sosialisasi diawali dengan pembukaan dan sambutan dari ketua KSR, manager crew sosialisasi dan pembina ekstrakulikuler PP Nurul Islam. Dilanjutkan dengan materi pertolongan pertama. Materi disampaikan oleh tiga peserta diktan yaitu Neng Ivana, Neng Wanda dan Neng Holifa. 


Penyampaian materi ini cukup menyenangkan karena pemateri bisa mengatur para peserta sosialisasi agar tidak sepi dan aktif selama acara. Setelah itu, peserta sosialisasi dipersilakan untuk mempraktikkan apa yang sudah diperoleh selama penyampaian materi. “Peserta dibagi 3 kelompok dan masing-masing kelompok mempraktikkan 3 PP berbeda. Seperti contohnya kelompok 1 mempraktikkan pertolongan pertama pada teman yang pingsan,” kata Nanda Mayang Ketua KSR PMI UIN KHAS Jember. 


Di akhir acara, kelompok ranking dari yang paling bagus dan paling jelas praktik nya. Kelompok yang mendapat nilai paling tinggi mendapatkan hadiah paling besar. 2 kelompok lain pun juga diberi hadiah. Acar asosialisasi ditutup dengan penyerahan cinderamata dari KSR PMI Unit UIN KHAS Jember kepada pihak PMR PP Nurul Islam. 


Menurut dia, Diktan VIII (Diklat lanjutan) adalah pendidikan lanjutan yang ke-8 setelah mengikuti Diksar (Diklat Dasar)untuk menjadi anggota penuh KSR PMI Unit UIN KHAS Jember. Kegiatan Diktan sendiri terdiri dari opening, diklat ruang dan diklat lapang. Kegiatan ini mengambil tema membentuk anggota penuh  KSR PMI Unit UIN KHAS Jember yang paham organisasi dan berpegang pada pedoman kepalangmerahan. Kegiatan Diktan sendiri adalah program kerja dari P2SDM. 


Neng Gemala, selaku KABID P2SDM KSR PMI Unit UIN KHAS Jember menyampaikan, Diklat Lanjutan ini bertujuan untuk mengembangkan kompotensi  dalam materi kepribadian relawan dan administrasi ksr pmi unit uin khas jember. Diklat lanjutan ini juga merupakan syarat menjadi anggota penuh. “Opening dilaksanakan pada hari jumat tanggal 2 juni 2023 bertempat di gedung teater UIN KHAS Jember. Dihadiri oleh 45 orang yang terdiri dari pengurus, crew, peserta, dan tamu undangan.”pungkasnya. (manto)


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close