Notification

×

Iklan

Iklan

Deri Asta Dampingi Awak Media Kota Sawahlunto Dalam Study Komparatif ke Pemko Medan

10 Juni 2023


 


Sawahlunto, zonamerdeka.com - Sebanyak 20 (dua puluh) orang awak media didampingi Dinas Komunikasi Dan Informasi (Diskominfo) kota Sawahlunto lakukan kunjungan ke Pemerintah kota Medan dalam rangka Studi Komparatif terkait pemberitaan dan kerjasama media yang dipimpin langsung oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta.


Walikota Medan, dalam hal ini oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Wiriya Alrahman pada sambutanya menyampaikan ucapan selamat datang dan permohonan maaf dari Wali Kota karena jadwal yang berbenturan dengan kunjungan tamu dari pusat tapi berjanji akan menyempatkan hadir dalam pertemuan yang berlangsung di ruang rapat kantor walikota Medan, Jum'at 9 Juni 2023.


"Kota Medan adalah kota yang heterogen dengan jumlah penduduk sebanyak 2,5 juta jiwa lebih yang terdiri dari berbagai etnis suku dan bangsa, diantaranya yang terbanyak adalah suku Jawa (37%), kemudian juga Tionghoa, Batak, Minang, Melayu dan lainnya" kata Wiriya Al-rahman.


"Dalam penyebaran informasi serta sosialisasi dari berbagai kegiatan yang tengah berlangsung ataupun dalam kondisi tertentu lainnya, peran dari media massa sangat dominan dalam menjangkau masyarakat luas, baik itu skala daerah, Nasional dan Internasional".


"untuk itu, pemerintah kota Medan melakukan kerjasama dengan berbagai media massa yang terdiri dari :

- 32 media cetak

- RRI, TVRI , 1 TV Swasta lokal, 8 radio swasta dan 1 TV Nasional 

- 10 media online nasional

- 120 media online lokal 

kata Sekretaris Daerah Kota Medan, Wiriya Al-rahman menguraikan 


Menanggapi sambutan tersebut, Walikota Sawahlunto , Deri Asta mengucapkan rasa terimakasih atas penerimaan dari jajaran pemerintah kota Medan kepada rombongan awak media kota Sawahlunto yang dipimpinnya.


Ia menuturkan bahwa antara kota Sawahlunto dan Kota Medan miliki kesamaan, yaitu sama-sama didiamii oleh penduduk yang berasal dari beragam etnis suku dan bangsa.


"Hal itu terjadi berkat keberadaan tambang Batubara sejak jaman kolonial Belanda dimana dalam aktivitas eksplorasi hingga eksploitasi batubara pada tambang underground tertua di Asia Tenggara itu, Belanda mendatangkan pekerja dari luar daerah bahkan luar negri yaitu Cina, serta dari Jawa, Batak, Sulawesi dan lain lain" kata Deri Asta.


"Semua itu membawa berkah tersendiri dimana peninggalan dari berbagai fasilitas dan sarana prasarananya yang masuk dalam kategori cagar budaya, Kota Sawahlunto telah di tetapkan sebagai kota warisan dunia oleh UNESCO tanggal 6 Juli 2019 di BAKU, Azerbaijan".


"Terimakasih kepada segenap jajaran pemerintahan kota Medan khususnya pada Wali kota atas sambutannya dalam kunjungan ini, kami mengundang bapak dan ibu sekalian untuk datang ke Sawahlunto sebagai kunjungan balasan" tutur Deri Asta.


Sementara itu, menjawab pertanyaan awak media Sawahlunto dalam sesi diskusi terkait pembangunan segenap infrastruktur, Walikota Medan, Bobby Nasution yang menyempatkan hadir ditengah pertemuan berlangsung menuturkan bahwa saat ini pemerintahan yang dipimpinnya sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur untuk pengembangan dan kemajuan kota itu.


"Tahun 2022, lalu lintas kendaraan di Kota Medan rawan macet dan tahun 2023 ini lebih macet lagi dikarenakan pembangunan berbagai infrastruktur serta fasilitas umum yang tengah gencar-gencarnya dilakukan pemerintah kota" kata Bobby.


"Namun, imbas kemacetan tersebut tidak akan berlangsung lama karena proses pembangunannya terus dikebut. Semua itu kami lakukan demi kemajuan dan juga untuk memberikan kenyamanan kepada segenap masyarakat dalam beraktifitas di masa yang akan datang" tutur Bobby Nasution.


Acara pertemuan dalam rangka Study Komparatif awak media kota Sawahlunto yang dikomandoi Kadis Komimfo Nova Arizon,Kasi Komimfo,Citra juga ikuti mendampingi Humas Polres Sawahlunto Defriol . Pemerintah kota Medan tersebut diakhiri dengan saling bertukar cendera mata oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta dengan Walikota Medan, Bobby Nasution.


Yanto/Faiz





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close