Notification

×

Iklan

Iklan

Personil TNI, Polri dan BPBD Aceh Singkil Pantau Debet Air Ke Lokasi Banjir di Aceh Singkil

08 Mei 2023


 


ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Personil TNI Koramil 04 dan Polisi Polsek Simpang Kanan, sebelumnya terlihat mengatur lalu - lalang para pengendara, kendaraan mobil dan sepeda motor di jalan lintas Singkil - Subulussalam.


Hal Itu di lakukan, berada tepat dijalan lurus di Jembatan Desa Silatong Kecamatan Simpang Kanan. Minggu, (07/05/2023) pada sore hari.




"Akibat meluapnya Sungai Cinendang di Kabupaten Aceh Singkil ini. Ratusan rumah warga di beberapa Desa di Dua Kecamatan terendam air banjir.


Disisi lain, Danramil 04 Simpang Kanan, Kapten Inf. Asfimal Mengatakan, Terkait kondisi banjir pada saat ini, sudah mulai susut dan menurun debet airnya," Ujarnya


"Kondisi jalan saat ini sudah bisa dilalui para pengendara sepeda motor dan mobil yang ingin melintasi jalan ini kembali," Ucapnya 


"Arus jalan lintas ini, kini sudah lancar dan sudah bisa dilewati oleh kendaraan, Karena air sudah mulai surut," Tambah Dia


"Buat para pengendara yang ingin melintasi jalan ke arah Singkil - Subulussalam dan Tapanuli Tengah, sudah bisa melintasi jalan ini, tapi harus tetap berhati - hati, karena jalan masih licin." Kata Dia.


Ia Melanjutkan, Sementara adapun beberapa sawah milik Desa juga ikut terendam banjir dan ada 6 Desa terdampak banjir di Kecamatan Simpang Kanan ini.


Terpisah, Menurut Laporan, Rosiana Kusuma Wardani Petugas Pusdalops- PB, BPBD Kabupaten Aceh Singkil. Ia melaporkan, Bahwa adapun penyebab meluapnya sungai Cinendang, akibat hujan deras dan banjir kiriman dari atas," Sebutnya 


Sementara, Adapun lokasi banjir di Kecamatan Simpang Kanan, itu ada beberapa titik. Yaitu; Desa Lae riman, Desa Silatong, Desa Ujung Limus, Desa Tanjung Mas, Desa Serasah dan Desa Cibubukan.


Ditambah, Kecamatan Gunung Meriah, Desa Rimo dan Desa Cingkam," Terangnya 


Mengenai, Waktu kejadian banjir di Kecamatan Simpang Kanan, mulai terjadi sekitar Pukul 05.00 Wib pagi dini hari tadi dan kini air sudah mulai surut," Kata Dia 


Diketahui, Dampak banjir meluapnya sungai Cinendang di Aceh Singkil, Mengakibatkan, Terendamnya sebahagian rumah masyarakat, terendamnya akses jalan antar Desa.


"Sehingga kendaraan roda 2 dan roda 4 tidak bisa melintas di Desa Cingkam Kecamatan Gunung Meriah. Untuk korban jiwa nihil, sedangkan pengungsi masih dalam tahap pendataan," Bebernya 


Ia Menambahkan, Menurut, Data Sementara Kita, rumah warga yang terkena dampak itu, Desa Lae Riman 0, Desa Silatong 32 KK, Desa Ujung Limus 66 KK 355 Jiwa, Desa Tanjung Mas 75 KK, Desa Serasah 5 KK, Desa Cibubukan 115 KK.


Ditambah, Desa Rimo 97 KK 364 Jiwa, Desa Cingkam 98 KK 388 Jiwa. Ketinggian air kini berada pada posisi +- 60 cm s/d 1,5 m dari dasar tanah. 


Diketahui, BPBD Kabupaten Juga Menurunkan Tim TRC ke lokasi banjir, serta melakukan koordinasi dan pelaporan dan pendataan. 


Kondisi terkini pada malam hari debet air arus Sungai Handel, sudah mulai surut perlahan - lahan di Kecamatan Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah.


Sakdam Husen





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close