Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Peusijuk 147 Jamaah Calon Haji dari Aceh Tamiang

25 Mei 2023


 


Aceh Tamiang, zonamerdeka.com - Sebanyak 147 jamaah calon haji dari Aceh Tamiang terdiri dari 61 Jamaah Laki-laki dan 86 jamaah perempuan di Peusijuk oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH. MH.,Rabu 24 Mei 2023 di Aula Sekdakab Jalan Ir. H. Juanda Komplek Perkantoran Kecamatan Karang Baru.


Dalam kata sambutan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang kepada para jama’ah calon Haji, beliau berpesan bahwa haji tahun 2023 ini sedang mengalami cuaca ekstrim. “ Penegasan ini harus saya sampaikan, sebab tahun ini para Jama’ah calon Haji sedang dihadapi cuaca ekstrim dengan intensitas cuaca yang berubah – ubah. Jaga kesehatan dalam proses perjalanan haji, perbanyak minum air putih dan berserah diri kepada Allah SWT,”jelas Meurah.



Selanjutnya, jaga keikhlasan hati saat berada di Tanah Suci, jangan sampai membawa pikiran negatif. Karena apapun yang menjadi kebiasaan Bapak/Ibu, akan terlihat di sana, maka banyak-banyaklah istighfar, supaya Allah akan mudahkan segalanya, patuhi segala peraturan yang diberikan oleh pembimbing haji, semoga bapak dan ibu dapat mengerjakan rukun haji dengan tertib serta selamat pergi dan kembali ketanah air ”tegas Meurah.


Dalam kegiatan Peusijuk tersebut, Pj Bupati Meurah juga menyerahkan cendera mata atau bingkisan secara simbolis kepada jama’ah calon haji. 


Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Aceh Tamiang, Fadli menjelaskan, penyelenggaraan ibadah haji ini telah memasuki tahap keberangkatan.  Setiap tahunnya, kata Fadli, Pemerintah akan melaksanakan tepung tawar pelepasan atau peusijuk yang merupakan adat di setiap daerah.


“Adapun jama’ah calon haji Aceh Tamiang berjumlah 147 jamaah, yang terdiri dari 61 laki laki dan 86 perempuan, sebagian jamaah merupakan jamaah tahun 2020 yang tertunda karena Covid-19,” jelasnya.


Selain itu, dijelaskannya lagi, bahwa jamaah calon haji ini akan terbagi dalam 2 kloter. Sebanyak 140 jamaah haji akan berangkat di kloter 10 pada tanggal 31 Mei ba'da Isya menuju Banda Aceh, dan tanggal 2 Juni akan bertolak ke tanah suci. Selanjutnya sebanyak 7 jamaah haji akan berangkat di kloter 12 pada tanggal 2 Juni menuju Banda Aceh dan akan bertolak ke tanah suci pada tanggal 4 Juni 2023.


Sementara itu, ada sebanyak 43 jamaah yang menunda keberangkatan karena tidak melakukan pelunasan dan beberapa alasan lainnya.


“Ucapan terima kasih kami kepada Pj Bupati Aceh Tamiang dan kepada dinas terkait yang telah membantu dalam proses keberangkatan, serta semua pihak yang telah bekerjasama dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi jama’ah calon haji, dan buat para jama’ah calon haji, agar menjaga kekompakkan, kesehatan dan selalu fokus dalam beribadah, semoga seluruh jama’ah calon haji dapat berangkat ke tanah suci dan dapat menunaikan rukun haji serta kembali dengan membawa predikat haji Mabrur,”mengakhirinya.

(Muhammad Thoyib, ST)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close