Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bupati Nias Lantik Pengurus KSB Di Bawolato

12 Mei 2023


 


ZONAMERDEKA.COM / Nias / -- Bupati Nias Ya’atulo Gulo, melantik pengurus dan anggota Tim kampung siaga bencana Kecamatan Bawolato bertempat di kantor Camat Bawolato.Jumat, 12/05/2023


Mengawali kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial, PMD, dan Perlindungan Anak Kabupaten Nias Yuwanman Lase, S.H. menyampaikan maksud dan tujuan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Bawolato.


“Tujuan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) ini adalah memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan risiko bencana dengan menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat” pungkasnya


Kabupaten Nias adalah salah satu daerah rawan bencana dimana hal ini terbukti dengan tingginya frekuensi kejadian bencana terutama setelah bencana alam gempa bumi tanggal 28 Maret 2005. Jenis bencana yang sering terjadi antara lain, kebakaran rumah, banjir, angin kencang/angin puting beliung dan tanah longsor.


Untuk menanggulangi serta melindungi masyarakat dari ancaman dan resiko bencana yang setiap saat dapat terjadi, diperlukan upaya strategi antara Pemerintah Pusat, Daerah dan masyarakat yang ada di daerah rawan bencana bersatu padu untuk menanggulanginya.


Pemerintah Kabupaten Nias telah menyampaikan usulan Proposal pembentukan KSB di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Nias dan telah direspon oleh Kemensos RI dengan memfasilitasi pembentukan 1 Kecamatan yaitu Kecamatan Bawolato, jelas Lase.


Bupati Nias Ya’atulo Gulo, dalam arahannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, yang memberi kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya pemahaman dan kesiapsiagaan terhadap kejadian bencana.


“Dengan dibentuknya Kampung Siaga Bencana diharapkan memberikan edukasi dan kesadaran serta pemahaman yang mendalam kepada masyarakat dalam meningkatkan kesiapsiagaan secara mandiri dan partisipatif terhadap kegiatan pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat dan pemulihan dalam menghadapi bencana” terangnya


Ia berharap kepada segenap personil Tim KSB yang telah dilatih dan dikukuhkan untuk menjadi garda terdepan dalam hal penanganan bencana serta terus melakukan sosialisasi dengan rekan-rekan, tetangga dan masyarakat tentang informasi yang telah diterima melalui pelatihan.


Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan Simulasi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana oleh Tim KSB Kecamatan Bawolato bersama TAGANA Kabupaten Nias. Beberapa simulasi yang diperagakan antara lain Evakuasi Korban Bencana, Pengangkatan Korban Bencana ke tempat Tenda Darurat (Gardu Sosial), Penyediaan Jalur Evakuasi/Dapur Umum/Posko serta Penangangan Terhadap Mental para korban bencana.


Akhirnya, setelah dilakukannya simulasi Bupati Nias meninjau langsung lokasi Gardu Sosial, Dapur Umum, Posko, serta Jalur Evakuasi yang telah dipersiapkan oleh Tim KSB Kecamatan Bawolato bersama TAGANA Kabupaten Nias untuk memastikan ketersediaan dan kesiapan persediaan untuk menangani korban bencana.


Des Zeb





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close