Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar Berharap Biosaka Dapat Diaplikasikan ke Semua Kecamatan untuk Semua Tanaman dan Berkelanjutan

23 Mei 2023


 



Minahasa Selatan // Zonamerdeka.com - Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH Menghadiri Kegiatan Demo Pembuatan dan Aplikasi Biosaka, bertempat di RM Turangga Tumpaan. Jumat, 19/05/ 2023.



Biosaka merupakan Elisitor yang merupakan senyawa kimia yang dapat memberikan respon fisiologi bagi tanaman untuk lebih energik dan produktif.




Peserta kegiatan ini adalah seluruh Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Minahasa Selatan, diharapkan mereka menjadi agen di masing-masing wilayah binaan peyuluhan pertanian, untuk mengajarkan pembuatan dan pengaplikasian biosaka.




Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH  juga mendemonstrasikan pembuatan Biosaka dan cara mengaplikasikan ke tanaman. bersama dengan Sekretaris Daerah Ibu Glady N. L. Kawatu, SH, M.Si., Kadis Pertanian dan Perkebunan Daerah Prov. Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Balai Perlindungan dan Pengujian Mutu Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Prov. Sulawesi Utara Ibu Nova Sumolang, SP, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Minahasa Selatan, Camat Tumpaan Terry Lolowang, SE dan Staf Khusus Bupati Bidang Pertanian.



Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tugas pemerintah adalah mensejahterakan masyarakat. Dan Dinas terkait berperan aktif berkomunikasi dengan para petani untuk memanfaatkan lahan secara optimal antara lain sebagai upaya menghadapi inflasi serta keterbatasan jumlah produksi dibandingkan dengan besaran kebutuhan masyarakat Minahasa Selatan. 



Bupati berharapan dapat diaplikasikan ke semua kecamatan untuk semua tanaman. Karena penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah sektor pertanian dan perkebunan. Dan kiranya Kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, harus ditindaklanjuti secara berkelanjutan. Ucap Bupati. 


// Hanny M //





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close