Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Berjasa Melestarikan Budaya Melayu, Bupati Bangka Dianugerahi Gelar Kebangsawanan Dari Sultan Palembang

15 Mei 2023


 

Bangka, zonamerdeka.com - Berjasa mengembangkan dan melestarikan budaya melayu, Bupati Bangka Mulkan.SH.MH, dianugerahi gelar kebangsawanan dari Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jayo Wikramo Fauwaz Diradja. Gelar yang dianugerahkan Darjah Paduka Sri Mahkota Palembang Darussalam (DSMP) diberikan langsung, Senin (15/05/2023) di rumah dinas bupati Bangka.






Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin IV Jayo Wikramo Fauwaz Diradja, yang hadir dalam pemberian gelar bangsawan, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa pemberian gelar  kebangsawanan, karena bupati Bangka, Paduka   Mulkan DSMP,  telah berjasa membantu mengembangkan melestarikan budaya Melayu di  Kabupaten Bangka, " Pengembangan pelestarian yang dilakukan bupati Bangka, yaitu budaya berpantun. Kemudian budaya Sepintu Sedulang  Nganggung, dan memasang simbol budaya Tudung Saji di tiang-tiang lampu penerangan sepanjang jalan protokol, "tuturnya.


Sultan Palembang Darussalam, menambahkan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tidak bisa dilepaskan dari sejarah Kesultanan Palembang Darussalam. Hal itu dikarenakan,  ibunda dari Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) I berasal dari Muntok, Pulau Bangka, "Disinilah Kesultanan Palembang Darussalam mencapai masa keemasannya, ketika itu SMB I merupakan cucu dari pendiri Kesultanan Palembang Darussalam, " jelas  Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jayo Wikramo Fauwaz Diradja. 


Sedang Bupati Bangka Mulkan dalam sambutannya mengatakan,  atas nama Pemkab Bangka dan selaku kepala daerah berterima kasih atas kepercayaan dan amanah yang sudah diberikan gelar kebangsawanan ini. Tentunya kalau ditunjuk  secara langsung,  secara pribadi, dirinya menolak. Sebab sangat berat gelar yang diberikan dan diamanahkan, 


" Akan tetapi, karena penganugerahan  gelar kebangsawanan  ini merupakan amanah,  dan didukung  dari sesepuh masyarakat kita, yaitu Dato Seri Ramli Sutanegara, Prof Bustami Rahman dan Dato Marwan mendukung penuh, maka akan saya jaga dengan sepenuh hati  amanah yang diberikan ini," sebut  Mulkan.


Sementara disamping penganugerahan gelar bangsawan, juga dilakukan pelantikan pengurus MABMI (Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia) Kabupaten Bangka. (eru)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close