Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bebas Asap, TNI-Polri di Kecamatan Ukui Gelar Patroli dan Sosialisasi Secara Bersama

09 Mei 2023




RIAU, ZONAMERDEKA.COM- Jajaran Polres Pelalawan melalui polsek ukui bersama dengan koramil 04 pkl. kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, meningkatkan patroli untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) diwilayah hukumnya.


"Patroli terpadu yang kami lakukan juga melibatkan masyarakat untuk mendukung Program Riau Bebas Asap," kata kapolsek ukui AKP MARKUS T. SINAGA, SH.MH dalam keterangannya saat dikonfirmasi media Selasa (09/5/2023).


Selain meningkatkan patroli, personel gabungan yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) kecamatan ukui juga intensif memberikan sosialisasi kepada masyarakat.


Sosialisasi berupa bahaya dan ancaman melakukan pembakaran lahan gencar dilakukan agar masyarakat bisa meninggalkan cara membuka lahan dengan pembakaran.


"Dampak kebakaran lahan ini cukup luas. Terutama saat cuaca ekstrim seperti sekarang ini, tentu sangat berbahaya dan cara-cara lama membuka lahan dengan dibakar harus ditinggalkan," tutur akp markus


kapolsek menambahkan, bila Karhutla terjadi dapat menyebabkan kabut asap yang berdampak buruk tidak hanya pada materi, namun juga imaterial berupa gangguan kesehatan dan segala aktfitas terhambat.


"Selain itu, dampak kebakaran juga berpotensi meluas hingga perkebunan masyarakat yang telah produktif sepeti kebun sawit. Ini jelas sangat merugikan. Harapan kami, kita TNI-Polri bersama masyarakat dapat menjaga ukui bebas asap," jelas kapolsek


Karhutla menjadi masalah tahunan yang dihadapi Provinsi Riau. Ratusan hektare lahan di Provinsi kaya akan sumber daya alam itu berpotensi terbakar saat musim kemarau tiba.


TNI-Polri siap digarda terdepan dalam memerangi karhutla di riau bersama masyarakat khusunya kecamatan ukui, TNI-Polrinya sangat sigap dan siap. tutup kapolsek.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close