Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Ikuti Kelas Parenting: Bicara Sex Pada Anak

18 Maret 2023



Jember, zonamerdeka.com - Menjadi orang tua yang baik di era millenial ini tidak cukup hanya dengan melahirkan dan menafkahi anak secara materi saja. Anak-anak juga memiliki kebutuhan psikologis yang harus dipenuhi oleh orang tua untuk membentuk karakter sekaligus mempersiapkan mereka menjadi anggota masyarakat. Belajar parenting adalah salah satu komitmen bagi orang tua, termasuk ibu muda milenial, untuk menjadi orang tua yang baik yang kelak dapat mengantarkan anak-anak milenial mereka meraih kesuksesan di masa depan.


Apa itu parenting?  Menurut Jerome Kagam, seorang psikologi perkembangan,  pengasuhan atau parenting sebagai serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak, yang mencakup apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar mampu bertanggung jawab dan memberikan kontribusi sebagai anggota masyarakat. Gunarsa mengatakan Parenting orang tua atau Pengasuhan orang tua adalah pola interaksi antara anak dengan orang tua yang meliputi bukan hanya pemenuhan kebutuhan fisik (makan, minum, pakaian, dan lain sebagainya) dan kebutuhan psikologis (afeksi atau perasaan) tetap juga norma-norma yang berlaku di masyarakat agar anak dapat hidup selaras dengan lingkungan.


Pola asuh orang tua sangat mempengaruhi perkembangan fisik dan mental anak. Oleh karena itu ilmu parenting anak sangat penting untuk dikuasai oleh orang tua. Hal ini akan menghindarkan orang tua untuk menerapkan pola asuh yang salah yang dapat membuat anak kecewa kepada orang tua, atau lebih parahnya lagi akan dapat mempengaruhi masa depan anak.


Maka dari itu Sekolah Perempuan Jember menghadirkan kelas parenting dengan tema "Bicara Sex Pada Anak" Bersama Kak Citra Putri, S.Psi. Tema ini sangatlah penting. Sebab, jika hal ini tak dilakukan secara bertahap, tanggungjawab orangtua mungkin akan semakin berat ketika harus memberitahu semuanya sekaligus ketika anak dewasa. Alasannya adalah, karena berbicara dengan anak tentang seks akan sangat memengaruhi pendapat mereka tentang seks, yang membuat mereka lebih bertanggung jawab ketika dewasa nanti. Selain itu, pendidikan seks juga akan membuat anak mengerti akan konsekuensi dan risiko yang akan mereka hadapi.


#sekoper #sekolahperempuanjember #sekolahperempuan #jember





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close