Notification

×

Iklan

Iklan

Reses Tidak Sekedar Menyerap Aspirasi Masyarakat, Tapi Harus Juga Memberi Pencerahan ke Masyarakat

22 Maret 2023


 


Bangka, zonamerdeka.com - Reses anggota DPRD kabupaten Bangka, tidak hanya sekedar menyerap aspirasi waga masyarakat, namun harus juga memberi pencerahan terhadap warga masyarakat. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua II DPRD kabupaten Bangka, Rendra Basri, Selasa (21/03/2023) diruang kerjanya.


Menurut Rendra Basri, bahwa reses itu bertemu langsung dengan warga, lalu menyerap aspirasi masyarakat. Tentu tujuannya untuk memahami apa yang dirasakan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Banyak persoalan yang muncul, baik itu persoalan, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, "Namun demikian, kita tidak saja menyerap aspirasi dari masyarakat, terkait infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Tapi kita juga harus memberi pencerahan kepada warga masyarakat, " tuturnya.


Rendra Basri menjelaskan pencerahan yang dimaksud, adalah memberi tahu kepada masyarakat,  terkait dengan kegiatan  yang sudah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Bangka. Untuk itu masyarakat harus tahu dan jangan sampai masyarakat tidak tahu, soal hak-hak masyarakat. Kemudian masyarakat juga harus memahami bahwa usulan dari masyarakat itu belum tentu diusulkan, langsung terealisasi. Karena semua usulan  diproses melalui tahapan, "  Lewat musrendes, musrenlur, musrencam sampai ke musrenbang. Sebagai wakil rakyat kita memperjuangkan, mengawal usulan usulan masyarakat. Sehingga menjadi usulan untuk dituangkan dalam program pemerintah daerah," jelasnya.


Masih menurut politisi partai Golongan Karya Bangka ini, bahwa hasil reses tidak langsung serta merta terealisasi. Tahun ini reses dan tahun depan terealisasi, tidak seperti itu. Kabupaten Bangka memiliki 8 kecamatan dan semua butuh wilayahnya dibangun. Namun mengingat anggaran pemerintah terbatas, tentu harus dibagi-bagi sama rata di 8 kecamatan,

" Untuk anggaran ada alokasi masing-masing setiap kecamatan dan tidak boleh membeda bedakan antara kecamatan. Semua membutuhkan pembangunan, jadi harus adil. Makanya kita harus memberi pemahaman pencerahan  kepada masyarakat,  agar masyarakat mengerti dan memahami. Jadi reses tidak hanya menyerap aspirasi, namun juga memberi pencerahan kepada masyarakat," jelas Rendra Basri. (eru)





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close