Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Polsek Ukui Antisipasi Karhutla, Sebarkan Maklumat Kapolda Riau

13 Maret 2023




RIAU, ZONAMERDEKA.COM - Memasuki musim panca roba, Polsek Ukui jajaran Polres Pelalawan Polda Riau meningkatkan patroli ke daerah rawan kebakaran hutan dan lahan. Senin 13 Maret 2023


Bhabinkamtibmas Desa Air Hitam Kec. Ukui Aipda Alex melaksanakan patroli ke Desa Air Hitam yang merupakan desa Binaan Bhabinkamtibmas tersebut, dimana pada Desa tersebut penghasilan masyarakat salah satunya dari hasil kebun sawit sedangkan untuk wilayahnya sendiri selain terdiri sari perkebunan sawit, juga merupakan kawasan Hutan Industri tanaman akasia. Sehingga rentan dengan terjadinya kebakaran. Disamping melaksanakan Patroli, Bhabinkamtibmas menyempatkan menyambangi warga untuk menyampaikan Maklumat Kapolda Riau perihal larangan membuka lahan dengan cara membakar serta menyampaikan sanksi bagi pelaku pembakar. 


Sementara itu Kepala Kepolisian Sektor Ukui AKP Markus T. Sinaga, S.H.,M.H mengatakan bahwa penanganan karhutla menjadi salah satu prioritas tugas polri yang di wilayah hukumnya sering terjadi kebakaran hutan dan lahan.


"Kecamatan ukui ini didalamnya ada hutan konservasi yakni Taman Nasional Teso Nilo, sehingga adalah tugas kita bersama untuk menjaga keutuhan didalamnya.


Upaya pencegahan karhutla dikecamatan ukui tidak hanya dengan menyebarkan maklumat Kapolda Riau, namun juga menggiatkan patroli dengan melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada di Desa, Pihak Balai Taman Naisonal Tesso Nilo dan pihak dari Kecamatan kemudian juga selalu koordinasi dengan pihak perusahaan perkebunan ataupun perusahaan penghasil kertas yang memiliki lahan di Kec. Ukui serta dihimbau untuk mendirikan menara pemantau api seta melengkapi peralatan-peralatan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 


Dengan ditingkatkannya pelaksanaan patroli serta himbauan dan penyebaran Maklumat Kapolda Riau kepada masyarakat sehingga masyarakat paham bahwa ada sanksi yang akan di terima bagi pembakar lahan sehingga kesadaran untuk menjaga lahan atau kebun dari kebakaran semakin meningkat. tutup Kapolsek.





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close