Notification

×

Iklan

Iklan

PJ. Bupati Marthunis Launching Perdana Pola Kemitraan PT. Nafasindo dengan Kelompok Tani

23 Maret 2023


 


ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com - Pj. Bupati Aceh Singkil Marthunis, ST, D.E.A pukul Gong Launching Perdana Program Kemitraan PT. Nafasindo terhadap Kelompok Tani yang dilaksanakan di Balai Desa Kampung Bukit Harapan Kecamatan Gunung Meriah Rabu, 22 Maret 2023.


Pemerintah telah mengatur pola kemitraan antara perusahaan dan petani sawit melalui Permentan Nomor 18 Tahun 2021 tentang Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar. 


Program Kemitraan merupakan elemen penting dalam industri kelapa sawit karena terkait aspek persaingan usaha dan keberlanjutan industri ke depan.


"Kemitraan petani dengan perusahaan perkebunan sawit merupakan kunci dasar kekuatan dalam peningkatan daya saing," Sebut Pj. Bupati Marthunis 


Program kemitraan semoga bisa menjadi rol model dan sinergis antara korporasi dengan petani bisa dilakukan melalui penguatan kelembagaan petani dengan menerapkan prinsip keterbukaan dan tata kelola manajemen.


"Sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara petani dan PKS PT. Nafasindo kedepannya," Ujarnya 


Disesi lain, Direktur PT. Nafasindo, Abdul Kudus dalam sambutannya menyampaikan bahwa PT. Nafasindo telah melakukan program kemitraan kepada kelompok tani kelapa sawit sejak dari tahun 2022 yang lalu. 


Lebih lanjut, Kudus menjelaskan kerjasama kemitraan ini telah dilakukan kepada tiga kelompok tani dalam lingkup Kabupaten Aceh Singkil, Melalui pola kemitraan, Yaitu; Dengan kelompok tani Bukit Jaya beranggotakan sebanyak 238 orang


Kelompok tani ini, memiliki luas kebun sekitar 355,85 Hektar. yang beralamat di Kecamatan Gunung Meriah," Sebut Kudus 


Selanjutnya kelompok tani Serasi Bersama beranggotakan 52 orang memiliki lahan 193,44.Hektar. Beralamat Kecamatan di Kuta Baharu. 


"Terakhir kelompok Tani Miftakhul Annisa beranggotakan 107 orang dengan lahan seluas 193.44.Ha,"Tambah Kudus.


Abdul Kudus Menjelaskan, Bahwa program ini dapat kita laksanakan berkat kerjasama dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Aceh Singkil yang telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan kelompok tani. 


"Serta dorongan dari seluruh stack holder dan spirit rekan - rekan LSM dan Para wartawan," Pungkasnya 


Disisi Lain, Dafiit Sihombing Ketua kelompok Tani Serasi Bersama Mengatakan Bahwa kerjasama ini. Sebelumnya telah mendapat pendampingan dari PT. Nafasindo.


Ketua Kelompok Tani Serasi Bersama itu, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil yang telah serius memfasilitasi program pola kemitraan ini.


"Serta memberikan apresiasi kepada Tim Koordinasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar Perusahaan Perkebunan Dilingkungan Pemda Aceh Singkil, yang telah bekerja keras sehingga program kemitraan ini dapat terlaksana.


Dimana, Tim Bentukan Pj. Bupati ini salah satu tugasnya melaksanakan ferivikasi dan validasai kelompok tani sebagai calon peserta kemitraan dilingkup Kabupaten Aceh Singkil.


"Dafid juga berharap kepada PT. Navasindo agar kegiatan hari ini tidak hanya sebagai serimonial, tetapi harapan kami, agar dapat berjalan terus sebagaimana mestinya dan dapat berkelanjutan," tuturnya.


Pj. Bupati Aceh Singkil Marthunis, ST, D.E.A Melanjutkan arahannya, Sekaligus menyampaikan hasil laporan dari Tim yang bertugas memferivikasi dan validasai data kelompok tani.


"Bahwa ini adalah kemitraan pertama di Kabupaten Aceh Singkil yang telah dilakukan. Maka hal ini harapkan akan bereplikasi kepada perusahaan-perusahaan lainnya.


Sehingga petani kelapa sawit ataupun masyarakat di Kabupaten Aceh Singkil ini akan lebih sejahtera kedepannya," Jelas Pj. Bupati Marthunis.


Dalam Kesempatannya, Pj. Bupati Marthunis juga menyinggung tentang data hubungan antara perkebunan sawit dengan kemiskinan. Berdasarkan data luas perkebunan sawit di Kabupaten ini menempati urutan nomor dua di Propinsi Aceh. 


Namun, Ia sangat menyayangkan angka kemiskinan, Menurut data BPS Kabupaten Aceh Singkil berada di urutan paling pertama, Kondisi itu sebutnya juga terjadi di daerah lain.


Lebih lanjut Marthunis menyampaikan bahwa ada potensi investasi perusahaan untuk bisa meningkatkan kesejahteraan, salah satunya dengan cara kemitraan dan plasma," Ungkap Marthunis


“Selanjutnya Pj. Bupati Aceh Singkil berharap kepada perusahaan-perusahaan PKS yang berada di Kabupaten ini dapat berkorelasi positif dengan kesejahteraan. 


Oleh sebab itu, Kita akan hapuskan stigma dan mitos yang mengatakan bahwa banyak perusahaan kelapa sawit banyak kemiskinannya. Kita harapkan dengan  banyaknya perusahaan kelapa sawit disini dapat meningkatkan pola kemitraan, sehingga kita bisa sejahtera secara bersama - sama.


Diakhir kegiatan, Penandatangan MoU kerjasama kemitraan antara PT. Nafasindo dengan Ketiga Kelompok Tani tersebu disaksikan langsung oleh Pj. Bupati Aceh Singkil.


Turut Berhadir Dalam Lounching Kemitraan PT. Nafasindo hari ini. " Asisten Pemerintahan Junaidi, S.STP, M.Si., Perwakilan Kepala Dinas Perkebunan, Muspika Kecamatan Gunung Meriah dan Unsur Pimpinan dan Staf PT. Nafasindo  beserta unsur dari Tokoh Masyarakat Kampung Bukit Harapan Kecamatan Gunung Meriah.


Sakdam Husen





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close