Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Pj. Bupati, Marthunis Dorong Penggunaan Aplikasi (SIGAP) Dalam Mempercepat Perencanaan Penganggaran Dana Desa

03 Maret 2023

 


ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Penjabat Bupati Aceh Singkil, Marthunis, ST, D.E.A membuka secara resmi Sosialisasi Sistem Aplikasi Gampong (SIGAP) yang dilaksanakan di Op-Room Sekdakab Bupati Aceh Singkil, Kamis. (02/03/2023)


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Azwir, SH dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan Sosialisasi SIGAP ini, jadwal pelaksanaan beserta sasaran yang ingin dicapai kedepannya.




“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada Keuchik bahwa melalui Aplikasi SIGAP nantinya dapat menghasilkan data dan informasi yang akurat untuk proses perencanaan dan penganggaran Dana Desa selanjutnya," Pungkasnya 


Salanjutnya, Setelah kegiatan sosialisasi ini akan dilanjutkan dengan pelatihan SIGAP kepada Admin Desa secara bertahap yang dimulai pada Tanggal 4 hingga 5 Maret 2023 Maret 2023  bertempat di Kecamatan Pulau Banyak,” Imbuhnya 


Dalam arahannya Pj. Bupati, Marthunis menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya terkait pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahun 2023 tahap satu yang sukses dilaksanakan dan dibagikan di awal tahun," Ucapnya 


“Tahun ini, tepatnya Tanggal 28 Februari Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil telah menyalurkan BLT Dana Desa untuk 91 Desa, dan ini merupakan sejarah pertama di Kabupaten Aceh Singkil;


Dalam menyalurkan BLT - DD tepat di awal tahun, dan saya bangga terhadap para Keuchik, Dinas DMPK dan seluruh pihak yang bisa mendorong prestasi ini” Ujar Marthunis.


Marthunis juga menyinggung tentang Aplikasi SIGAP. "Saat sebelumnya yang sudah digunakan saat Musrembang di salah satu Kecamatan, Yaitu; Kecamatan Singkohor," Tambahnya 


“Bahkan, Tahun ini kita juga sudah membuktikan bahwa aplikasi SIGAP bisa diterapkan dalam Musrenbang Kecamatan Singkohor,” jelas Marthunis 


Beliau juga menegaskan bahwa melalui aplikasi SIGAP ini nantinya, Penggunaan Dana Desa atau seluruh sumber daya yang ada di Desa bisa direncanakan dan dianggarkan secara efesien dan efektif, ini juga selaras dengan semangat pemerintah Republik Indonesia dalam transpormasi digital.


“Saya ingin Dana Desa ataupun resources yang ada di Desa direncanakan dan dianggarkan secara efesien dan efektif, dan salah satunya adalah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP),”.


Harapan kita kedepannya, Aplikasi, Sigap ini juga selaras dengan semangat Pemerintah RI dalam transformasi digital dan saya akan berkomitmen agar Diskominfo mengawal indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Aceh Singkil kedepannya.


Kita ingin membuat pelayanan publik Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil berbasis digital, cepat dan pasti,” tegas Marthunis.


Lebih jauh orang nomor satu di Aceh Singkil ini mengutarakan tentang langkah cepat Pemerintah Kabupaten Aceh singkil dalam rencana penyusunan anggaran Dana Desa Tahun 2024. 


“Hari ini kita rencanakan untuk menandatangani Surat Edaran (SE) terkait perencanaan penganggaran Dana Desa Tahun 2024 yang dimulai di awal Juni tahun 2023 ini.


Jadi pelatihan SIGAP ini sebagai tahap awal kita untuk memanaskan mesin, sehingga pada Juni nanti kita akan siap untuk menyusun dokument, rencana pengangaran ,” jelas Marthunis 


Seterusnya, Setelah acara sosilisasi ini. Nanti kembali dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang aplikasi SIGAP oleh dua orang Narasumber, Yaitu. Drs. Wardana, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan Kawasan, Sumber Daya Alam Dan Teknologi Tepat Guna Gampong, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh dan Dicky Arisandi (Lead Skala Aceh)


Turut, Berhadir dalam Sosialisasi pada hari ini dihadiri oleh juga Kepala Para Asisten, Kepala SKPK, Para Camat Beserta 116 Kepala Kampong  dalam lingkup Kabupaten Aceh Singkil.


Sakdam Husen


ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close