Notification

×

Iklan

Iklan

Perairan Laut Bangka Aman Bagi Nelayan Mencari Ikan

08 Maret 2023


 

Foto: Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Bangka Ridwan


Bangka, zonamerdeka.com - Perairan laut Bangka seputar  wilayah penangkapan ikan,  masih cukup aman bagi nelayan tradisional mencari ikan. Pasalnya kondisi gelombang berkisar kurang dari satu meter. Hal itu disebutkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)Kabupaten Bangka Ridwan, Selasa (07/03/2023) diruang kerja nya. 


Menurutnya  bahwa  kondisi wilayah perairan laut di Bangka masih cukup aman untuk kegiatan penangkapan ikan bagi nelayan tradisional. Namun demikian para nelayan diminta  harus tetap mewaspadai cuaca di perairan. Sebab angin kencang dan gelombang pasang dapat terjadi kapan saja, "Saya berharap para nelayan tetap harus waspada serta mengutamakan  kelengkapan keselamatan kerja. Seperti kelengkapan jaket pelampung dan alat keselamatan yang lain yang  dianggap penting," ujar Ridwan.


Untuk itu Kepala BPBD Bangka mengingatkan, bahwa jarak berlayar bagi seorang nelayan juga perlu dipertimbangkan, terkait sarana fisik kapal penangkapan ikan yang terbuat dari kayu. Tentunya untuk  kapal yang usia lama dengan  kapasitas bobot kecil, disarankan jangan melakukan penangkapan dengan radius yang jauh dari pinggir pantai.


" Upaya kami memaksimalkan pelayanan penanggulangan bencana di masyarakat, dengan  berkoordinasi ke semua lembaga pemerintah,  kecamatan, desa serta pihak terkait lainnya, " Ridwan menambahkan. (eru) 






ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close