Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Kesal, Tidak Ada Penjelasan Dana -DD APBKamp Perubahan, Puluhan Warga Palang Kantor Kampung Suro Baru

22 Maret 2023


 

ACEH SINGKIL, Zonamerdeka.com -- Tidak Ada Penjelasan Anggaran Dana Desa APBKamp Perubahan Tahun 2022. Puluhan Warga Palang Kantor Keucik Suro Baru Kecamatan Suro Makmur Menggunakan Papan, Senin (20/03/2023) Kemarin.


Salah Seorang Warga, Herman Ikut Dalam Aksi Pemalangan Kantor Keuchik Suro Baru, Mengatakan, Bahwa masyarakat disini hanya minta penjelasan saja dari Keuchik dan BKamp.


"Mengenai APBKamp Perubahan Tahun 2022 itu saja, mereka jelaskan sama warga  selesai nya persoalan ini," Ucapnya


Tampaknya, Hal itu tidak ditanggapi serius oleh Keuchik dan BPKamp. Kalau urusan rapat - rapat, entah berapa kali sudah kami rapat. "lelah kami, banyak bohong semuanya itu," Beber Herman 


"Bahkan persoalan ini sudah pernah kita sampaikan ke Kecamatan Suro Makmur, TA Kabupaten, Pendamping Desa Kecamatan," Sebut," Herman.


"Kembali kami tak kunjung mendapatkan penjelasan APBKamp Perubahan Tahun 2022 tersebut. Apa susahnya, tinggal Keucik jelaskan, berikan dokumen yang kami perlukan, kalau tidak ada masalah, mengapa harus risih," Ujarnya 


"Janji nya hari Senin ini (20/03/2023), penjelasan APBKamp Perubahan Tahun 2022 itu. Namun tak ada juga saya lihat, makannya kami palang ini Kantor Keuchik," Tegasnya 


Bukankah, Sebagai warga Kampung, berhak mengetahui, kemana - mana saja Anggaran Dana - DD APBKamp Perubahan Tahun 2022 tersebut. "Lalu kenapa seperti ada hal yang ingin di sembunyikan," Tambahnya 


"Contoh seperti mancis ini, Saya beli misalnya dengan harga Rp. 5.000 maka ada penjelasan dari pemilik warung, buktinya tanda pembayaran, mau dibuat  harga mancis ini Rp.30.000, terserah sama orang itu. Kami hanya lihat ada tidak barang itu atau sesuai tidak barang tersebut yang diinginkan masyarakat.


"Seharusnya dipampang itu di Papan Infografis, supaya warga mengetahuinya." Sebut Herman.


"Kalau yang dipampang sekarang ini, itu realisasi Anggaran APBKamp Tahun 2022 namanya, bukan APBKamp Perubahan," Tegas Herman.


Lanjut Herman, Ia juga berharap kepada Pak Pj. Bupati Aceh Singkil, Pak Kejari Aceh Singkil, Pak Kapolres Aceh Singkil, Pak Inspektorat, Kadis DPMK, Tolong lihatlah Kampung kami di Suro Baru Kecamatan Suro Makmur ini.


Padahal, Anggaran Dana - DD Kami Rp. 1.237.981.258.45 (1,2 Miliar Lebih) namun, kami tidak tahu kemana - mana dana itu pergi, kami seperti dibodohi di Kampung ini," Bebernya 


Terpisah, Keucik Suro Baru Kecamatan Suro Makmur, Alimin Dalam Paparannya, Bahwa Dana - DD APBKamp Tahun 2022.


Keucik Alimin Memaparkan, Pertama; Untuk Bidang Penyelengaraan Pemerintah Desa sejumlah Sebesar. Rp. 423 Juta lebih. Kedua; Penyelengaraan Pembelanjaan Siltap dan Tunjangan dan Operasional Pemerintahan Desa, Sebesar Rp. 361 Juta Lebih.


Ketiga; Siltap dan Tunjangan Kepala Desa, Rp.38,8 Juta. Keempat; Siltap dan Tunjangan Perangkat Desa, Rp.144 Juta. Kelima; Operasional Pemerintahan Desa, Rp. 126 Juta Lebih.


Keenam; Tunjangan BPKamp, Rp.  33,6 Juta. Ketujuh; Operasional BPKamp, Rp. 6 Juta lebih. Kedelapan; Pemiliharaan Kendaraan Dinas BPKamp, Rp.16 Juta Lebih. 


Kesembilan; Penyediaan Sarana - Prasarana Pemerintahan Desa, Rp. 19 Juta Lebih. Kesepuluh; Pengadaan Laptop dan Printer, Rp.18 Juta. Kesebelas; Pengadaan Papan Struktur, Rp. 1,5 Juta dan lain - lain.


Sebelumnya, Kantor Kampung Suro Baru Kecamatan Suro Makmur yang sempat di palang puluhan warga itu, Kini telah dibuka kembali, Pada hari yang sama, sekitar Pukul. 12 : Wib dan dibuka langsung oleh Sekcam dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Suro Makmur.


Setelah sebelumnya dimediasi kedua belah pihak oleh KBO Intelkam Polres Aceh Singkil, Sementara Keuchik dan beberapa perangkat Kampung, terlihat bersama Kasi PMD Kecamatan, sedang berada di Polsek Suro Makmur di hari yang sama. KBO Intelkam Mengingatkan Keucik, agar terbuka dan menjelaskan, apa yang ditanya warga Desa itu.


Maka terjadilah kesepakatan, bahwa rapat penjelasan. Anggaran Dana - DD Tahun 2022 Dilanjutkan pada hari, Selasa, (21/03/2023) Sekitar Pukul. 14.00 Wib.


Mamasuki, Rapat Penjelasan Anggaran Dana - DD Kampung Suro Baru, Pada hari Selasa, (21/03/2023) terlihat dipimpin langsung oleh Keucik, dan beberapa Perangkat Kampung


Bahkan, Rapat tersebut juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan, Seperti; Kapolsek Suro Makmur, Danramil Suro Makmur, Kasi Pemerintahan Kecamatan Suro Makmur, Pendamping Desa Tingkat Kecamatan, Pendamping Lokal Desa, Beserta puluhan warga yang melakukan aksi.


Sementara, Adapun tempat Rapat Penjelasan Anggaran APBKamp Tahun 2022 ini, tempatnya berada di Gedung Pertemuan Kampung Suro Baru Kecamatan Suro Makmur.


Sakdam Husen





ikuti zonamerdeka.com di Google News

klik disini


close